Super Kreatif, Ribuan Ponsel Bekas Diubah Jadi Medali Olimpiade Tokyo 2020

10

Salah satu ajang olahraga paling bergengsi, Olimpiade, akan dilangsungkan tahun depan, 2020. Olimpiade 2020 rencananya akan diadakan di Tokyo, Jepang. Negara maju yang jadi Macan Asia ini tak hanya menawarkan berbagai fasilitas modern bagi para atlet dan pengunjung lainnya, tapi juga inovasi yang mengedepankan lingkungan.

Salah satu keunikan dari Olimpiade 2020 yang diadakan di Tokyo ini adalah medalinya. Medali yang akan menjadi hadiah bagi para atlet dibuat dari bahan yang tidak biasa. Medali-medali ini dibuat dari bahan daur ulang. Pemerintah Jepang telah merencanakan hal ini sejak 2 tahun lalu.

Bahan daur ulang yang digunakan adalah berbagai macam perangkat elektronik, mulai dari komputer, ponsel, hingga barang elektronik lainnya. Pengumpulan bahan daur ulang ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah Tokyo saja, tapi hampir seluruh Jepang.

Dari seluruh sampah daur ulang yang terkumpul, pihak penyelenggara berhasil mengumpulkan 32 kg emas, 3.500 kg perak, dan 2.200 kg perunggu. Seluruh bahan yang terkumpul tersebut cukup untuk membuat sekitar 5.000 medali untuk seluruh atlet di Olimpiade 2020.

Dari 78.000 ton sampah elektronik tersebut, pihak penyelenggara berhasil mendesain medali dengan bentuk yang indah. Pada salah satu sisi terdapat tulisan Tokyo 2020, sedangkan pada sisi satunya terdapat gambar Dewi Nike yang merupakan salah satu Dewi dalam mitologi Yunani kuno.

Keunikan dalam membuat medali ini menjadi salah satu inspirasi dan motivasi bagi negara penyelenggara Olimpiade selanjutnya yang tentunya tak hanya mengutamakan modernisasi dalam persiapan penyambutan ajang olahraga bergengsi ini, tapi juga tetap berusaha menjaga kelestarian lingkungan.

Sebagaimana diketahui, persiapan penyambutan Olimpiade sering kali menimbulkan sampah berjuta-juta ton yang dapat berakibat sangat buruk bagi lingkungan. Namun dengan manajemen pengolahan sampah yang baik sebagaimana yang dicontohkan oleh Tokyo kali ini, tentu akan sangat patut diapresiasi dan dicontoh.