Suka Makan Gorengan? Ini Dia 4 Tips Aman Konsumsi Gorengan Tanpa kolesterol dan Radang

12

Siapa sih yang nggak tau namanya gorengan? Makanan yang dicampur adonan kemudian digoreng dengan minyak panas ini mudah banget dijumpai dimana-mana. Selain mudah didapat, gorengan punya harga yang tentunya nggak bikin kantong jebol guys.

Oh iya satu lagi, rasanya itu sangat enak dan lezat tentunya menjadi poin penting bagi para penikmat kuliner. Biasanya makanan yang dijadikan bahan dasar gorengan adalah tahu, tempe, bakwan, cireng, risol, pastel, pisang, ubi, tape, dan masih banyak lagi. Beberapa pedagang membuat inovasi terbaru untuk dagangannya, termasuk gorengan ini sekarang banyak banget tuh olahan makanan yang dijual dengan cara digoreng.

Kamu tinggal pilih, mau gorengannya apa? Nah, sahabat dori ngomongin tentang gorengan tentunya nggak jauh tuh sama yang namanya radang tenggorokan dan kolesterol kan. Iya kalian pasti tahu ini, nah sebenarnya ada beberapa cara loh supaya gorenganmu itu nggak membuat radang tenggorokanmu sakit dan tentunya undangan kolesterol. Kira-kira apa ya? Berikut jawabannya :

  1. Gunakan tisu untuk meletakkan gorengan yang baru kamu angkat dari wajan dari penggorengan. Kalian pasti tanya buat apa ? Tentunya agar minyak yang menempel dalam gorenganmu itu diserap sama tisu. Sehingga kandungan minyaknya itu tak berlebih dan nggak bikin kamu radang serta kolesterol.
  2. Perbanyak minum air putih setelah makan gorengan. Hal ini bertujuan untuk menetralisir minyak yang masih menempel pada tenggorokanmu. Selain itu bukan cuma air putih saja lho ternyata, air jeruk juga mempunyai kandungan antioksidan sehingga dapat menangkal minyak yang masih gantung di tenggorokan.
  3. Jangan gunakan minyak jelantah atau minyak yang sudah kehitaman untuk menggoreng gorenganmu. Hal ini dikarenakan minyak jelantah yang kamu gunakan itu sudah tak layak pakai lagi dan justrunya mendatangkan kolesterol. Nah, nggak mau kan kamu punya kolesterol di masa muda untuk itu hindari dari sekarang minyak jelantah atau bekas, karena nggak bagus untuk tubuhmu guys. Kalo beli dipinggiran jalan gimana tuh kita taunya? Tenang guys kalian bisa ngecek dari kulit luar gorengan yang sudah matang dan dijajakan didalam gerobaknya.
  4. Makan dengan porsi yang cukup. Porsi yang cukup itu berapa ukurannya ya? Ukurannya cuma kamu yang tau, jadi batasi sendiri ya. Jangan sampai kamu berlebihan mengkonsumsinya, nggak baik juga loh untuk tubuhmu.

Nah sahabat dori, itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah makan gorengan. Jadi sekarang jangan khawatir, cemas dan takut lagi makan gorengan. Asalkan kamu bisa mengatur porsinya, maka kamu nggak akan tuh terserang yang namanya kolesterol, radang dan juga jerawat.