Suka Begadang? Hati-Hati Ini Bahayanya

44

Begadang merupakan salah satu kebiasaan kurang baik yang dilakukan oleh sebagian orang. Umumnya begadang dilakukan dengan tujuan untuk menyelesaikan pekerjaan. Memang baik tujuannya, tapi apakah ini tidak berdampak buruk pada kesehatan?

Begadang memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan kurangnya tubuh untuk beristirahat. Akibatnya badan lemah, letih, lesu, dan menghilangkan konsentrasi pada seseorang. Tak berhenti disitu saja, dampak begadang juga sangat berpengaruh pada penampilan seseorang, seperti:

  • Kulit Kering

Kalau kulitmu kering karena terlalu sering begadang, hal ini menandakan kulitmu meminta waktu untuk istirahat dan membutuhkan nutrisi yang cukup.

  • Kantung Mata Semakin Terlihat

Beberapa orang yang suka begadang dengan mudah kita lihat dari kantung mata di wajahnya. Semakin tebal, kantung matanya semakin menandakan kurangnya waktu yang cukup untuk tubuhmu istirahat.

  • Jerawat

Jerawat di wajah mulai banyak dan hanya terjadi ketika kamu sering begadang? Wah kalau ini sudah menandakan bahwa efek stress sudah di level puncak dan kamu sangat membutuhkan asupan liburan.

  • Muka lesu

Beberapa orang yang begadang sangat terlihat kurang fit. Hal ini bisa dilihat dari ekspresi wajahnya. Beberapa orang yang mukanya lesu mudah terbaca bahwa tubuhnya kurang beristirahat ditambah lagi deadline yang semakin dekat.

Nah itu dia 4 hal yang bisa kita lihat dari seseorang yang sering begadang. Kira-kira ada solusinya nggak sih, supaya tidak terlihat banget efeknya? Apalagi masalah penampilan. Jawabannya ada dong, berikut ini ada beberapa tips yang bisa menyembunyikan efek lelahmu ketika begadang.

  • Jangan memaksakan diri

Tubuhmu bukan robot ataupun mesin yang bisa kamu perintah kapan saja. Mesin yang terlalu sering dipakai atau bahkan over dalam menggunakannya juga tidak dibenarkan, karena akan merusak fungsi dari mesin itu sendiri. Sama dengan tubuh kita, semua bagian memiliki fungsi masing-masing. Apabila kita gunakan tanpa henti, efeknya justru akan membahayakan diri kita sendiri.

  • Jangan lupa minum air putih

Begadang sih boleh, tapi jangan lupa kamu konsumsi air putih. Air putih memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kamu, salah satunya membuatmu konsentrasi dalam berkomunikasi dengan orang lain.

  • Tidur yang cukup

Ketika kamu begadang, maka kamu harus membayar jam istirahatmu yang telah kamu gunakan untuk begadang. Setidaknya berikan waktu tidur yang cukup untuk mengembalikan stamina tubuhmu kembali.

Nah itu dia beberapa hal yang harus kamu tahu ketika begadang. Kamu pun juga harus mempertimbangkan, apakah begadang yang kamu lakukan memberikan pengaruh positif atau sebaliknya.