Stop Lakukan 4 Hal Ini Pada Diri Kamu Sendiri

31

Manusia dalam hidupnya tak akan pernah lepas dengan yang namanya waktu. Tiap detiknya, menitnya, bahkan jam waktu selalu menjadi bayang-bayang. Sadar atau tidak banyak orang yang memiliki beragam reaksi terhadap waktu.

Maksudnya, ada yang menghargai dan ada yang cuek. Reaksi ini terjadi karena perbedaan prinsip hidup. Bagi orang yang menghargai waktu, tiap detiknya selalu memiliki makna. Berbanding terbalik dengan orang yang cuek, ia akan mengatakan semua yang dilewatinya harus dinikmati bukan dikejar dan diburu dengan waktu.

Apakah itu nggak jadi masalah? Nah, balik lagi ke masing-masing orang yang menjalaninya. Semua nggak akan menjadi masalah selagi kamu menyikapinya dengan benar dan sesuai dengan prinsip hidup kamu.

Bicara waktu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan harus kamu jadi pijakan dalam menjalani hidup. Kenapa? Karena jika tidak, kamu akan diam dengan posisi menyalahkan diri sendiri. Nah, nggak mau kan hidup kamu terbuang percuma untuk menyalahkan diri sendiri? Oke, kita bahas ulasannya sekarang.

  • Berhenti bilang “nunggu ide datang”

Kamu pernah dong kalau lagi ngerjain tugas ngomong, “ntar dulu deh, belom ada inspirasi”, “eh lagi bunto banget nih otak gue, besok aja lah ya”, “ini mah nggak ada jawabannya, ntar lah tidur dulu nunggu ide”.

Kira-kira seberapa sering guys? Pasti sering ya dan nggak terhitung. Tapi kamu tahu nggak sih, pemikiran seperti itu justru membuatmu nyaman dengan pijakan nanti tapi nggak ada hasilnya alias zonk.

Setiap orang tentunya punya ide, karena isi dari kepala masing-masing orang beda dan bervariasi. Kalau kamu bilang belum punya ide, cobalah baca buku atau referensi yang memuat informasi yang kamu cari. Atau kamu bisa juga tuh kumpul-kumpul sama teman kamu.

  • Stop membandingkan diri kamu dengan orang lain

Pernah nggak si kita berpikir “coba gua jadi si A, pinter disenengin banyak orang”, “coba aja gua cakep kaya si C” dan masih banyak lagi pemikiran lainnya?

Kira-kira seberapa sering sih? Pasti sering dan berkali-kali ya kan. Oke sahabat dori, mulai sekarang coba stop atau berhenti membandingkan diri kamu dengan orang lain. Kenapa? Karena kamu punya kelebihan yang kadang orang lain nggak punya, mereka yang kamu agungkan tinggi-tinggi juga punya kelemahan yang nggak bisa kita lihat sekarang. Jadi, cobalah hargai dirimu sendiri guys.

  • Melakukan kesalahan yang sama

Kesalahan merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh tiap manusia, baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Tapi kamu harus tahu juga, bahwa kesalahan yang dilakukan manusia itu bisa diperbaiki dan bisa dijadikan pelajaran untuk melangkah lebih baik lagi. Bukan berdiam diri dengan meratapi kesalahan atau bahkan melakukan kesalahan yang sama yang sebenarnya bisa diperbaiki.

  • Takut untuk memulai

Hidup itu penuh teka teki dan banyak kunci untuk menemukan jalan keluarnya. Butuh keberanian dalam mengambil sikap atau tindakan yang kamu pilih. Kalau kamu takut untuk memulai sekarang, kapan kamu akan mulai berdiri? “Takut gagal ah”, “nggak berani ambil resiko”, dan masih banyak lagi ketakutan lainnya.

Ini hidup guys, semua itu butuh tantangan, butuh pembuktian, butuh tanggungjawab. Jangan takut untuk memulai, anggap semua kegagalan adalah pelajaran yang harus diremidi atau diperbaiki. Kalau nggak sekarang, kapan lagi?

Nah, itu dia beberapa hal yang kadang membuat kita diam dan justru terpuruk keadaan. Yuk lah mulai melangkah maju.