Sosok Pemuda yang mengajari Jokowi Bahasa Isyarat di Opening Asian Para Games 2018

42

Sosok pemuda yang merupakan putra Putra dari pasangan artis senior papan atas Dewi Yull dan Roy Sahetapy yaitu  Surya Sahetapy. Ia merupakan sosok penyandang tuna rungu yang cukup vokal memperjuangkan kesetaraan orang-orang yang mengalami hal yang sama seperti dirinya.

Jokowi-dan-surya-sahetapy
Sosok Surya Sahetaphy yang mendampingi Presiden Jokowi pada Asian Para Games 2018

Surya Sahetapy sehari-hari berkegiatan sosial serta mengajar bahasa isyarat. Kemampuanya dilirik oleh panitia dan pemerintah untuk ikut serta mengambil bagian saat pembukaan event olahraga Asian Para Games 2018. Sosoknya didapuk sebagai pendamping dan sekaligus orang yang dipercaya untuk mengajari Jokowi bahasa isyarat.

jokowi
Presiden Jokowi saat menggunakan bahasa isyarat di Opening Asian Para Games 2018.
Foto : Vidio.com

Dewi Yull yang juga merupakan sosok ibunda dari Surya pada akun instagramnya @dewiyullofficial membagikan foto sang putra kebanggaanya bersama Presiden Jokowi dan Ibu iriana dalam acara Asian Para Games 2018.

“Alhamdulillah Surya @suryasahetapy hari ini dampingi Bapak Jokowi ke Solo sambil mengajar bahasa isyarat @bisindo untuk persiapan Opening Ceremony Asian Para Games 2018 nanti malam di GBK,” tulis Dewi Yull dalam postingan instagramnya.

Dari postingan tersebut banyak warganet yang memberikan pujian dan komentar positif akan prestasi dari Surya Sahetapy.

Pada acara pembukaan Asian Para Games 2018, terlihat presiden Jokowi memberikan hal yang tak biasa yaitu ucapan pidato dan salam singkat menggunakan bahasa isyarat.

Hal ini tentu menjadi perhatian masyarakat dan warganet yang menyaksikan pembukaan acara tersebut. Banyak yang tidak mendugga bahwa presiden Jokowi cukup mampu dan mengerti bahasa isyarat yang biasa digunakan oleh penyandaan disabilitas.