Sisi Lain dari Sidang MK yang Menegangkan

19

Sidang MK terkait sengketa hasil pilpres 2019 berlangsung cukup lama dan alot. Ternyata di balik suasana sidang yang begitu tegang terdapat beberapa kejadian lucu yang banyak dibahas oleh warga net. Berikut ini adalah beberapa kejadian lucu yang membuat sidang MK jadi bahan guyonan.

1. Tatapan Komisioner KPU

Sebuah gambar yang menunjukkan dua komisioner KPU dalam sidang MK membuat banyak warga net tertawa. Pasalnya, tatapan dari komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi pada rekan sesama komisioner KPU, Viryan Aziz, terlihat begitu menarik.

Beberapa cuitan warga net pun langsung membanjiri media sosial mengenai gambar tersebut.

Find someone who looks at you the way Pramono looks at Viryan Aziz.#FaktaSidangMK#DramaSaksiSidang, tulis @tashareza

Saya, liat nasabah yang nunggak lagi omong banyak #dramasidangMK #DramaSaksiSidang, tulis @IcanDalo

Menanggapi cuitan warga net yang banyak membahas tentang dirinya, Pramono pun ikut memberikan komentarnya dalam akun twitter-nya.

Setelah berjam2 pemeriksaan saksi.

Hakim: masih ada yg mau bicara? Kita dengar saksi berikutnya.

Hening. Semua bosan.

Hakim: kalau gitu kita akhiri, ya?

Viryan: sy dari Termohon, izin bicara, Yg Mulia.

Pramono: hadeuh!?#
Wahyu: opo maneh iki?!?

2. Saksi Permisi Buang Air Kecil

Kejadian lucu lain yang terdapat dalam sidang MK adalah adanya seorang saksi yang meminta izin untuk buang air kecil. Ketika hakim meminta Idham, saksi dalam sidang MK, untuk mengangkat kepalanya, ia justru menunjukkan wajah yang memelas dan berkata, “Yang Mulia, saya minta maaf. Saya mau buang air kecil.”

Tawa di ruang sidang MK pun pecah. Hakim pun menambah gurauan dengan berkata, “Tolong didampingi, disuruh keluar, ya karena ini tugas yang tidak bisa diwakilkan soalnya,” 

3. Saksi Disuruh Berjalan

Masih dengan Idham, saksi dari tim BPN Prabowo Sandi, yang juga membuat suasana sidang MK kembali penuh tawa. Ketika ia menjelaskan mengenai pemilih yang berusia 1 tahun, ia meminta izin untuk mendekati layar.

“Saya enggak terlalu melihat, Yang Mulia. Boleh saya mendekati supaya saya bisa melihat?” tanya Idham pada hakim.

Arief Hidayat pun tersenyum, “Sambil jalan boleh supaya di TV kan bagus malah suasananya.” Idham pun berjalan ke arah layar sambil disorot kamera.

Meskipun sidang masih panjang dan penuh dengan ketegangan, namun masih terdapat humor di dalamnya yang dapat mencairkan suasana penat tersebut.