Simak dan Catat Tata Cara serta Timeline Daftar CPNS 2019 Ini

20

Awal Oktober ini menjadi suatu momen yang cukup menggembirakan. Pasalnya, tanggal 09 Oktober 2019 atau tepatnya hari Rabu ini. Diumumkan bahwa pemerintah kembali membuka pendaftaran bagi siapa saja yang ingin menjadi pegawai negeri sipil di tahun 2019.

Waktu pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil ini akan dimulai pada akhir bulan Oktober nanti l. Bukan di bulan yang sama, proses pendaftaran baru akan dimulai pada bulan November. Sedangkan dilakukannya seleksi untuk administrasi pendaftar akan dilakukan pada bulan Desember. Jadi, akhir bulan Oktober nanti hanyalah pengumuman bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negeri dibuka.

Meski pendaftarannya sendiri masih akan dilakukan pada bulan November, ada hal-hal lain yang perlu Anda ketahui, terlebih bagi Anda yang berencana mengikuti pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil. Hal yang perlu diketahui pendaftar ini dinyatakan sendiri oleh Badan Kepegawaian Negara pada rapat koordinasi nasional yang dilakukan beberapa minggu yang lalu.

Portal atau platform yang bisa digunakan pendaftar CPNS untuk tahun ini adalah SSCASN yang mana bisa diakses melalui link https://www.sscasn.bkn.go.id. Itulah protal khusus pendaftaran PPPK dan untuk selanjutnya segala proses seleksi CPNS akan dilakukan disana dan juga diinfokan disana.

Pendaftar harus membuat akun di portal SCASN ini dengan cara memilih opsi Menu PPPK dan dilanjutkan dengan memilih opsi Register. Setelah itu pendaftar akan diberi isian yang harus diisi dengan jujur terkait data diri, isian ini antara lain nama lengkap, NIK, alamat email, nomor kartu keluarga, dan lainnya. Pendaftar juga diwajibkan mengupload foto diri yang jelas dan tidak terlalu besar file nya.

Jika pendaftaran ini sudah selesai dilakukan maka selanjutnya pendaftar bisa mengakses informasi apa saja di platform ini dengan cara memasukan NIK dan kata kunci yang telah ditentukan sebelumnya. Nantinya pelamar akan disuruh melengkapi data diri yang lebih lengkap dari proses register tadi.

Pendaftar harus mengupload foto diri yang membawa kartu tanda penduduk serta kartu yang berisi informasi akun yang mana telah Anda buat sebelumnya.  Setelah semua data lengkap terkumpul selanjutnya BKN akan melakukan verifikasi sesuai dengan kelengkapan berkas yang telah diupload pendaftar.

Apabila pendaftar dinyatakan lolos dari verifikasi berkas oleh BKN ini maka ia akan mendapatkan kartu ujian untuk ujian yang dilakukan nantinya. Dan yang terakhir adalah nantinya akan ada sebanyak tujuh panitia PPPK yang mengumumkan siapa saja pendaftar yang lolos, pengumuman ini akan dipublikasikan supaya semua orang mengetahuinya.