Siapa Sebenarnya Ibu Lis yang Disebut Dalam Debat Cawapres Tadi Malam?

23

Salah satu isu terhangat yang masih banyak dibahas dalam debat cawapres 2019 tadi malam adalah mengenai sosok ibu Lis. Ibu Lis sendiri berkali-kali disebutkan oleh cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno dalam pembahasan mengenai isu kesehatan.

Sandiaga Uno mengatakan dalam debat Minggu malam, 17 Maret 2019, “Saya teringat kisah Ibu lis dan di mana pengobatannya harus disetop karena BPJS tidak lagi meng-cover. Di bawah Prabowo Sandi, kami pastikan dalam 200 hari pertama akar permasalahan BPJS dan JKN kita selesaikan. Kita pastikan defisit ditutup dengan penghitungan melibatkan putra putri terbaik bangsa,”

Nama Ibu Lis sontak menjadi pembicaraan warganet yang sangat penasaran dengan sosok Ibu Lis. Siapa sebenarnya Ibu Lis yang menjadi inspirasi bagi Sandiaga Uno dalam menelurkan program kerjanya sebagai wakil presiden nantinya?

Ternyata sosok Ibu Lis tak hanya disebutkan dalam debat yang berlangsung tadi malam saja. Sandiaga Uno juga pernah memposting sebah video mengenai Ibu Lis yang mengaku tidak mendapatkan keringanan biaya dari BPJS.

Saya bertemu dengan Ibu Liswati, penderita kanker payudara yang biaya obatnya tidak dicover oleh pemerintah. Hal ini sangat memberatkannya sebagai warga kecil. Beliau ingin mendapatkan keadilan untuk pelayanan kesehatan. Insya Allah Bu, kami akan perjuangkan masalah ini. Saya dan Pak Prabowo Subianto akan memperbaiki tata kelola BPJS, karena sistem BPJS kesehatan ini seharusnya dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses kesehatan, bukan malah menyusahkan. Kedepan, kami pastikan tidak ada rumah sakit dan puskesmas yang dihutangi lagi, dan kami pastikan pelayanan kesehatan tidak hanya diberikan ke kelas menengah ke atas, tapi juga untuk seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan seperti Bu Liswati.Mari kita doakan sama-sama semoga penyakit Ibu Liswati dapat segera diangkat. Aamiin ya rabbal alamin.

Dikirim oleh Sandiaga Salahuddin Uno pada Minggu, 30 Desember 2018

Dalam akun Facebooknya, Sandiaga Uno memposting pernyataan dari Ibu Lis yang menyatakan bahwa ia tidak mendapatkan bantuan pengobatan dari kanker payudara yang ia derita. Sandiaga Uno juga menambahkan caption di bawah unggahan video tersebut.

“Saya bertemu dengan Ibu Liswati, penderita kanker payudara yang biaya obatnya tidak dicover oleh pemerintah. Hal ini sangat memberatkannya sebagai warga kecil. Beliau ingin mendapatkan keadilan untuk pelayanan kesehatan. Insya Allah Bu, kami akan perjuangkan masalah ini.

Saya dan Pak Prabowo Subianto akan memperbaiki tata kelola BPJS, karena sistem BPJS kesehatan ini seharusnya dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses kesehatan, bukan malah menyusahkan.

Kedepan, kami pastikan tidak ada rumah sakit dan puskesmas yang dihutangi lagi, dan kami pastikan pelayanan kesehatan tidak hanya diberikan ke kelas menengah ke atas, tapi juga untuk seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan seperti Bu Liswati.”

Mari kita doakan sama-sama semoga penyakit Ibu Liswati dapat segera diangkat. Aamiin ya rabbal alamin.

Nama Ibu Lis yang begitu hangat ini ternyata juga memicu munculnya sebuah akun palsu yang mengatasnamakan Lies Sugiyarti yang mengaku sebagai Ibu Lis. Namun akun tersebut justru muncul saat debat berlangsung. Dalam akun twitter palsu tersebut, ia memposting sebuah kalimat yang menyanggah.

“Pa Sandiaga Uno sebaiknya jgn bawa bawa saya dalam debat. Saya di Sragen sdh susah. Jangan buat saya lebih susah. Nanti netizen DM saya, ajak saya kopdar lalu nanti saya harus bikin thread. Plis pa Sandiaga Uno. Saya hormat kpd anda walau terakhir saya dengar anda ga bayar kopi,” 

Sontak akun palsu tersebut diserang ramai-ramai oleh warganet. Mereka geram dengan akun palsu yang dianggap tindakan pengecut. Melihat hal ini, sebuah akun Facebook, Chomsin Nur memberikan klarifikasi.

“Nama yg benar bu Niswatin..bukan liswati..dia kakak saya..mengidap kanker..tp obat herseptin tdk di cover oleh bpjs..sdgkan obatnya mahal banget…Semoga no.2 menang,”