Siap-siap, Inilah 5 Teknologi Dalam Film yang Jadi Kenyataan!

7

Film bergenre fiksi biasanya menampilkan kecanggihan teknologi yang bisa dibilang hampir mustahil untuk diwujudkan. Misalnya saja dalam beberapa film Hollywood seperti film Iron Man dan superhero lainnya. Namun ternyata, beberapa teknologi dalam film tersebut justru telah menjadi inspirasi beberapa peneliti untuk mewujudkannya dalam dunia nyata. Berikut ini adalah beberapa teknologi dalam film yang telah hadir di dunia nyata dan dapat kita nikmati:

1. Baju Terbang

Siapa yang tak kenal dengan kecanggihan teknologi milik Tony Stark dalam balutan pakaian Iron Man? Tak hanya sekedar menjadi sebuah impian saja, baju milik Iron Man tersebut ternyata telah diciptakan di dunia nyata.

Peneliti yang berhasil membuat baju ini adalah Richard Browning. Baju terbang ini dijual dengan harga USD443.428 atau setara dengan 6,4 miliar rupiah.

2. Mobil Tanpa Supir

Dalam film Total Recall yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, tampak ia sedang berada dalam sebuah mobil yang dikemudikan oleh sebuah robot.

Mobil tanpa supir ini ternyata menjadi inspirasi untuk diciptakannya mobil tanpa supir dalam dunia nyata. Mobil tanpa supir atau mobil otonom ini dikembangkan di beberapa negara maju.

3. Pistol Laser

Pistol laser tentu bukan lagi benda yang baru kita temukan dalam film, tapi tidak di dunia nyata. Penggunaan pistol laser dalam film ternyata menjadi inspirasi bagi peneliti di dunia nyata.

Bahkan rencananya militer Amerika akan menggunakan pistol laser sebagai alat pengaman serangan pesawat hantu di tahun 2020.

4. Hologram

Tentu bukan hal yang baru lagi jika kita melihat hologram dalam setiap film aksi yang kita tonton. Ketika salah satu tokoh akan melakukan komunikasi atau mencari informasi, maka sebuah hologram akan muncul dan memberikan setiap data yang diperlukan.

Tapi ternyata tak hanya di dunia film, kini hologram banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hologram yang digunakan biasanya memudahkan pencarian data atau presentasi.

5. Jam Tangan Pintar

Dalam film Dick Tracy, kita dapat melihat seseorang berkomunikasi dengan menggunakan jam tangannya. Meskipun film tersebut berasal dari tahun 90-an, ternyata mampu menginspirasi jam tangan pintar yang kini bisa digunakan untuk menelepon, mengirim pesan, hingga memeriksa detak jantung.

Itulah beberapa teknologi dalam film yang jadi kenyataan. Melihat perkembangan film yang semakin maju, maka tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi di masa datang juga akan semakin canggih. Sebagai generasi muda, kita lah yang akan menjadi pencipta dari berbagai kreasi teknologi baru yang akan datang.