Si Kecil Sakit? Ada 8 Tips Agar Ia Mau Minum Obat Berikut Ini

4

Hal yang paling menyakitkan bagi orang tua adalah melihat sang anak tengah terbaring menahan sakit. Lebih parahnya lagi adalah menghadapi keadaan di mana anak tidak mau minum obat. Ini tidak hanya menyakitkan namun sangat membingungkan orang tua terhadap kesembuhan anaknya.

Lalu, bagaimana caranya agar anak mau minum obat? Demi kesembuhan anak, terdapat cara yang harus dilakukan agar anak mau minum obat saat sedang sakit. Berikut adalah ulasannya.

Kenali Alasannya Mengapa Anak Sulit Minum Obat

Apabila anak sulit untuk minum obat, pada umumnya hal tersebut disebabkan oleh berbagai macam alasan. Beberapa diantaranya adalah rasa obat yang terkenal pahit, pikiran-pikiran negatif tentang obat, terhalangnya waktu bermain karena harus minum obat, dan lain sebagainya.

Ketika kita sebagai orang tua sudah menemukan alasan yang tepat atas masalah ini, langkah selanjutnya adalah mempraktikkan cara mengatasinya.

Praktikkan Cara Mengatasinya

1. Bujuklah Secara Perlahan dengan Penuh Kasih Sayang

Kebanyakan orang tua akan menemukan kesulitan dalam membujuk anaknya untuk minum obat. Meskipun demikian, hal ini hanya tergantung pada cara orang tua dalam membujuknya. Pastikan bahwa cara membujuk anak Anda untuk minum obat adalah cara yang benar. Selain itu, pastikan Anda memilih waktu yang tepat tanpa terkesan mengganggunya dan tidak memaksakan kehendak kepadanya.

2. Ada Perlunya Untuk Mengeluarkan Rayuan Maut

Meskipun memberi hadiah tidak terlalu disarankan dalam mendidik anak, Anda dapat menerapkan sistem konsekuensi. Sistem ini akan menumbuhkan sikap kepedulian anak terhadap dirinya. Ia juga akan berpikir bahwa minum obat adalah bagian dari kebutuhannya. Jika ini dinilai kurang berhasil, Anda diperbolehkan untuk mengeluarkan rayuan maut tanpa memaksa dan mengiming-imingi.

3. Beri Pengertian Secara Mendalam

Sama seperti poin sebelumnya, Anda juga dapat menyisipkan pengertian akan pentingnya obat ketika sakit. Selain itu, tumbuhkan pada anak tentang mindset pentingnya menjaga kesehatan karena betapa tidak enaknya jika diri dalam keadaan sakit.

4. Akali Dengan “Mencampuri” Obat Dengan Makanan

Meskipun konsumsi obat tidak terlalu disarankan dengan mencampurkannya bersama makanan, Anda dapat menyelinginya di waktu jam makan anak. Jika obat tersebut harus dikonsumsi setelah makan, letakkan sesi minum obat pada suapan terakhir di waktu makan. Alternatif lainnya adalah dengan mengkonsumsi obat setelah kegiatan minum susu.

5. Alihkan Perhatian Dengan Kegiatan yang Menarik

Jika anak masih sulit untuk meminum obatnya, Anda dapat mengajak anak minum obat sewaktu ia sedang bermain. Atau, Anda dapat mengajak Anak untuk bermain peran seperti dokter-dokteran dan tempatkan posisi anak sebagai pasiennya agar memudahkan “aksi” Anda.

Praktikkan Cara Alternatif Jika Cara Sebelumnya Tidak Membuahkan Hasil

Jika Anda mengalami kebuntuan dalam mengatasi anak sulit minum obat, Anda dapat menemukan cara lainnya seperti berikut ini:

  1. Memberi contoh yang baik tentang bagaimana caranya mengkonsumsi obat yang benar. Selain itu, berkatalah sejujur-jujurnya tentang rasa obat yang benar-benar tidak enak. Namun, dengan meminum obat, anak akan mendapatkan dirinya segera kembali pulih dari penyakitnya.
  2. Jika anak menolak karena rasanya yang pahit, samarkan rasa pahit dengan menambahkan obat sirup atau menggerus obat dan melarutkannya dengan air.
  3. Terkadang, Anak juga ingin minum obatnya secara sendiri karena rasa penasarannya. Oleh karenanya, berilah kesempatan akan hal tersebut. Namun, jangan lupa mendampingi sang anak dalam kegiatan minum obatnya.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai tips agar anak mau minum obat saat sedang sakit. Semoga Anda berhasil dalam menerapkannya.