Sering Terkena Amandel? Kurangilah Mengonsumsi 6 Makanan Pemicu Radang Amandel Ini

14

Tonsilitis atau biasa disebut juga radang amandel adalah suatu kondisi amandel yang sedang mengalami inflamasi (peradangan). Meski lebih banyak dialami oleh anak kecil berusia tiga sampai tujuh tahun, radang amandel juga bisa terjadi pada orang dewasa. Amandel merupakan dua kalenjar kecil yang berada di tenggorokan. Organ ini memiliki fungsi untuk mencegah infeksi.

Selain itu, ada juga gejala lain yang disebabkan oleh radang amandel, seperti suara sesak dan batuk. Berdasarkan lama gejalanya, radang amandel dibedakan menjadi dua, tonsilitis akut (kurang dari dua minggu) dan tonsilitis kronis (lebih dari dua minggu). Radang amandel juga bisa diakibatkan dari makanan. Beberapa makanan yang dikonsumsi secara berlebihan, bisa menyebabkan reaksi alergi pada tenggorokan.

Makanan penyebab radang ada bermacam-macam. Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang menjadi pemicu radang amandel.

  • Makanan Pedas

Bagi sebagian orang, memakan makanan pedas memiliki kenikmatan tersendiri. Apalagi dalam kondisi-kondisi, seperti flu. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, memakan makanan pedas dapat memicu infeksi pada tenggorokan. Makanan pedas memiliki risiko tinggi untuk menjadi radang tenggorokan.

  • Makanan Asam

Selain makanan pedas, makanan asam juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya radang amandel. Zat asam pada makanan bisa menimbulkan iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan terjadinya peradangan.

  • Makanan Kering dan Keras

Selanjutnya adalah makanan kering, keras, atau yang berstektur kasar. Makanan ini lebih berisiko menjadi pemicu radang tenggorokan. Soalnya, makanan seperti ini dapat membuat tenggorokan menjadi kering dam melukainya. Maka dari itu, jangan lupa perbanyak mengonsumsi air mineral ketika sedang makan makanan kering.

  • Susu Olahan

Meski susu memiliki berbagai macam manfaat, tetapi olahan dalam susu juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya produksi lendir dalam tubuh. Lendir ini akan memicu rasa gatal pada tenggorokan. Alhasil, terjadilah peradangan. Selain itu, susu juga mengandung lemak. Lemak ini yang mengakibatkan terlambatnya proses pencernaan.

  • Makanan Berminyak

Di Indonesia terlampau banyak makanan berminyak. Di pedagang kaki lima saja banya penjual gorengan. Meski dibilang cemilan murah dan enak, tetapi memakan makanan yang banyak minyaknya tak dianjurkan, loh. Soalnya, minyak bisa memberi dampak buruk pada tenggorokan. Selain itu, makanan berminya juga bisa menimbulkan penyakit lain, seperti kolestrol dan jantung.

  • Kafein

Terakhir yang harus dikurangi konsumsinya agar tidak terjadi radang amandel adalah kafein. Salah satu produk yang mengandung banyak kafein adalah kopi. Kurangilah mengonsumsi makanan yang mengandung kafein karena kafein bisa menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan. Rasa gatal inilah yang menjadi pemicu terjadinya radang pada tenggorokan.

Seiring bertambahnya usia, fungsi amandel mulai tergantikan sesuai dengan sistem kekebalan tubuh yang bertambah kuat. Radang amandel bisa terjadi oleh beberapa sebab. Penyebab yang paling sering adalah infeksi virus. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya radang amandel ditandai dengan membengkaknya amandel yang disertai rasa sakit di tenggorokan.

Itulah 6 makanan yang menyebabkan radang amandel menjadi parah. jika anda memiliki amandel, hindari makanan tersebut dan perbanyak minum air putih ketika radang amandel muncul.