Sering Terganggu Nyamuk? Manfaatkan 7 Tanaman Ini di Kamar

20

Nyamuk adalah hewan pemakan darah yang sering kali menjadi musuh manusia. Tidak ada manusia yang menyukai akan kehadiran nyamuk. Gigitannya yang begitu sakit dapat menimbulkan gatal bahkan hingga bentol-bentol. Nyamuk sering kali mengganggu tidur manusia sehigga menjadikan tidur tidak nyenyak.

Pada dasarnya mengusir nyamuk dapat dilakukan dengan cara alami dan mudah sekali. Untuk mengusir nyamuk di kamar yang tentu sangat mengganggu, maka Anda dapat menanam ke 7 tanaman berikut di dalam kamar Anda.

  1. Lavender

Tanaman yang memiliki warna ungu ini beraroma sangat harum dan banyak orang menyukai aromanya. Akan tetapi aroma harum ini tidak disukai nyamuk. Hal ini dikarenakan lavender memiliki zat lynalyl asetat dan linalool sehingga nyamuk tidak menyukai kehadiran tanaman ini. Anda bisa menanam laveder dalam pot pada kamar Anda.

  1. Catnip

Tanaman catnip selain digunakan untuk memberikan rangsangan kepada kucing agar lebih aktif, ternyata tanaman ini juga dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Kandungan tanaman catnip berupa minyak esensial inilah yang membuat nyamuk merasa takut dengan tanaman catnip. Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah atau menanamnya ke dalam pot dan letakan ke dalam kamar Anda agar tidak ada nyamuk yang berani masuk ke dalam kamar Anda.

  1. Serai Wangi

Serai wangi adalah tanaman yang sangat mudah untuk dijumpai dan cara memeliharanya pun juga sangatlah mudah. Namun sayangnya tanaman serai wangi ini tidak tepat jika Anda taruh ke dalam pot. Namun tenang saja, Anda masih bisa mengakalinya dengan cara lain, yaitu dengan menanam serai wangi di bawah jendela kamar Anda.

  1. Lemon Balm

Kandungan dalam lemon balm berupa seyawa sitronelal dapat berguna sebagai pengusir nyamuk. Aroma yang ada dalam lemon balm tidak disukai oleh nyamuk, sehingga untuk mengusir nyamuk dari kamar Anda, Anda bisa menanam tanaman lemon balm. Namun perlu diperhatikan bahwa tanaman lemon balm memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga Anda harus memperhatikan pertumbuhannya dengan sebaik mungkin.

  1. Geranium Merah

Tanaman Geranium Merah adalah tumbuhan pengusir nyamuk ke 5 yang membuat nyamuk takut untuk memasuki ruangan yang terdapat tanaman ini. Geranium merah mengandung sitronelol dan geraniol. Baunya yang harum membuat nyamuk tidak suka. Selain digunakan untuk pengusir nyamuk, tanaman ini juga dapat dijadikan tanaman hias di dalam kamar Anda.

  1. Marigold

Marigold adalah tanaman yang memiliki bau khas. Tanaman Marigold sangat menyukai matahari, sehingga apabila Anda ingin menaruh tanaman ini ke dalam kamar Anda, letakan bagian kamar yang tersorot oleh matahari, atau bisa juga dengan mengeluarkan tanaman ini ketika pagi hingga sore hari dan malam menjelang tidur taruhlah tanaman ini ke dalam kamar.

  1. Peppermint

Peppermint juga menjadi tanaman yang mampu mengusir kedatangan nyamuk, khususnya ke dalam kamar. Selain dapat digunakan dengan dioles ke dalam tubuh, tanaman peppermint juga dapat Anda tanam dalam pot dan letakan ke dalam kamar Anda.

Itulah 7 tanaman pengusir nyamuk di kamar yang dapat untuk Anda jadikan sebagai solusi sebagai pembasmi nyamuk yang semakin hari semakin merajalela.