Sepang Siap Gelar Tes MotoGP Perdana di Awal Musim 2019

14

1-3 Februari 2019, sirkuit Sepang Malaysia telah menjadi saksi kembalinya para rider MotoGP berkompetisi pada musim 2019. Sama halnya dengan anak sekolah, Para Rider harus kembali ke motornya. Tes yang dilaksanakan pada awal Februari tersebut, merupakan tes pertama. Yang dimana para tim baru mengeluarkan Rider pelapis. Para pembalap utama baru akan kembali mengaspal pada tes kedua yang digelar 6-8 Februari mendatang.

Pada tes kedua, rider-rider utama pun siap bergabung mengaspal. Valentino Rossi salah satunya, Pria yang akrab disapa the doctor ini tidak cukup puas dengan penampilannya musim lalu. Bila melihat klasemen akhir MotoGP musim 2018, the doctor hanya mampu finish di posisi ke 3. Tentu itu prestasi yang kurang baik sepanjang Rossi membela Yamaha. Rossi mengakui bahwa penampilan dirinya kurang baik pada musim 2018 lalu. Hal itu juga tidak luput dari faktor tungganganya yaitu yamaha YZR-M1.

Meski begitu, The doctor menyebut bahawa musim 2018 bukanlah musim terburuknya. Ia mengatakan musim terburuknya adalah musim 2013. Yang mana pada musim 2013 The doctor hanya bisa finish ke 4 di akhir musim. Pada musim 2018 Rossi tidak berhasil meraih podium pada 19 laga, namun dia dapat finish posisi ketiga pada klasemen akhir. Sedangkan pada 2013, walau ia menang ia masih kalah dari tiga besar klasemen yang terdiri atas Jorge Lorenzo, Marq Marques dan Dani Pedrosa. Namun pemegang juara dunia sembilan kali itu mengaku optimis untuk menjalani musim 2019 ini.

Mengutip dari Yamaha media Conference, Rossi mengatakan musim 2019 adalah musim yang hebat, ia siap kembali ke motor karena ia telah mempersiapkan hal-hal terbaik di motor. The doctor juga berkata sama seperti anak sekolah, para Rider harus kembali berlatih untuk menjadi yang tercepat musim ini. Walaupun 3 pembalap terbaik Honda Yaitu Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow sedikit mengalami kendala fisik, karena ketiganya masih masa pemulihan pasca operasi cedera. Meski demikian, Rossi yakin musim 2019 ini tetap atau bahkan semakin ketat dibandingkan musim 2018 lalu.

Beberapa waktu lalu di Jakarta, Rossi bersama rekan setimnya Maverick Vinales meluncurkan tunggangan Yamaha YZR-M1nya yang baru. Nama Yamaha pun berganti menjadi Monster Energy Yamaha MotoGP. Rossi dan Vinales berharap perubahan nama maupun kendaraan, bisa membawa perbaikan yang bagus untuk para ridernya.

Di musim 2019 ini, Rossi juga mengaku senang dengan turunnya Morbidelli dan Bagnaia yang merupakan anak didik dari Valentino Rossi di akademi balap kelas VR46. Keduanya telah mentas di kasta tertinggi dan siap bersaing dengan sang guru.