Selamat Hari Bumi! Ini Dia 5 Cara Mudah Menyelamatkan Bumi

66

22 April 2019 telah disepakati bersama sebagai hari bumi secara internasional. Hari bumi dicanangkan dengan tujuan untuk memberikan peringatan dan kesadaran bagi para manusia untuk mencintai dan menyayangi bumi yang menjadi pijakan dan tempat tinggal untuk kita para makhluk hidup.

Sebagai makhluk yang diberikan akal, manusia memiliki tanggungjawab yang penuh untuk mengatur bagaimana bumi ini tetap ada dan tetap nyaman ditinggali para manusia dan makhluk hidup lainnya. Nah, kira-kira upaya apa saja yang harus kita lakukan agar bumi kita tetap bisa ditinggali?

  • Tanamkan kesadaran dalam diri

Menanamkan kesadaran dalam diri kita merupakan hal yang wajib. Karena perubahan sekecil apapun yang kita lakukan nantinya akan memberikan dampak yang besar dalam diri kita bahkan sampai generasi kita selanjutnya.

  • Gunakan lampu hemat energi

Gunakan lampu hemat energi atau led. Hal ini bertujuan untuk menghemat tagihan listrik kita. Selain itu tentunya juga untuk menyelamatkan bumi kita.

  • Lakukan penghijauan

Berasa nggak sih kalau cuaca di siang hari panas banget. Nah, mungkin saja bumi kita memanas karena lingkungan sekitar kita yang mulai gersang. Beberapa media informasi dan elektronik pun juga memberitakan bahwasanya beberapa daerah ada yang melakukan penebangan hutan dan tentunya melakukan pembakaran hutan tanpa melakukan penghijauan di lingkungan yang sudah ditebang dan dibakar. Dampaknya ? Jangan ditanya lagi, nih jawabannya udara di bumi kita semakin panas.

  • Matikan listrik

Matikan listrik dari elektronik yang tidak digunakan. Seperti menyalakan kipas secara terus menerus, menyalakan lampu di siang hari, menyalakan keran air sampai penuh dan banjir kemana-mana, dan masih banyak lagi hal yang kecil dan sering kita sepelekan. Nah, untuk saat ini yuk mulai kita matikan benda elektronik yang tidak kita gunakan untuk meminimalisir panasnya bumi kita. Selain itu juga, bukankah hal ini juga menekan tagihan listrik bulanan kita.

  • Jangan menggunakan kendaraan jika berpergian jarak dekat

Yuk mulai sekarang, latih diri kita untuk menggunakan kendaraan di jarak jauh saja. Bagaimana tidak, jika tempat yang ingin dikunjungi hanyak berjarak beberapa meter saja, ya jalan kaki sajalah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi polusi yang ada di lingkungan kita, selain itu juga bukankah dengan berjalan kaki dapat membuat kaki dan tubuhmu bergerak sehingga peredaran darahmu lancar.

  • Daur ulang barang yang tidak dipakai

Daur ulang barang yang tidak dipakai. Seperti gunakan botol plastik dan kertas untuk menciptakan kreativitas yang baru. Nggak perlu muluk nantinya bisa dijual ke orang, coba saja dulu kita gunakan untuk mengurangi sampah di rumah kita sendiri.

  • Stop gunakan plastik

Plastik sangat sulit didaur ulang dan memakan waktu yang sangat lama. Tentunya hal ini justru membuat pencemaran lingkungan dimana-mana. Untuk itu ada baiknya, setiap kita belanja di toko kita membawa tas keranjang dari rumah.

Nah itu tadi hal yang kecil yang dapat menyelamatkan bumi kita. Tidak sulit bukan? Tentunya tidak, hal-hal seperti ini sangat mungkin kita lakukan dan tentunya kita perlu menanamkan kesadaran dalam diri kita untuk memulai hal yang terkecil dan tentunya mudah dilakukan.