Selamat Atas Terpilihnya Iwan Blue Sebagai Ketua Umum PSSI 2019/2023

15

Kini Ketua Umum PSSI sudah dipegang oleh Iwan Blue untuk periode 2019-2023. Sempat adanya ketegangan saat beliau terpilih di Kongres Luar Biasa PSSI. Sebenarnya ketegangan ini sudah muncul sesaat sebelum acara kongres belum dimulai.

Iwan Blue yang lebih lengkap Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Iriawan saat itu sedang berada di hotel Shangri-la, Jakarta. Pada Sabtu siang 2 November 2019 inilah wartawan sedang mengajak beliau bicara diikuti oleh calon ketua umum lain yakni Vijaya Fitriyasa.

Padahal Jenderal polisi dengan pangkat bintang 3 tersebut sudah menolak untuk diwawancarai, namun Vijaya tetap bersikeras ingin agar bisa berbicara dengan Iwan. Hal ini dilakukan terutama untuk membicarakan kasus yang mereka terlibat didalamnya. Iwan masuk ke dalam kongres tanpa menemui Vijaya dan Vijaya pun meluruskan kepada wartawan  mengenai pertanyaan yang dulu pernah ia lontarkan.

Vijaya bilang dia tidak menuduh tetapi mengimbau atau memberi saran sebab saat itu Iwan Blue yang menjabat sebagai penegak hukum agar berani melawan mafia. Wartawan tidak mau kalah hingga ketegangan juga sempat masuk ke jalannya kongres.

Namun karena tak bisa berbicara, Vijaya mengatakan bahwa dia dengan lima calon ketua umum yang lain mengaku diusir oleh Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.  Lima calon ketua umum tersebut adalah Fary Djemy Francis, Yesayas Octavianus, Benny Erwin, Aven Hinelo dan Sarman El-Hakim.

Hingga akhirnya hanya 3 calon ketua umum berebut untuk menjabat sebagai Ketua Umum PSSI 2019/2013 yaitu Mochamad Iriawan, Rahim Seokasah dan Arif Putra Wicaksono. Terpilihnya Iwan Blue sebab unggul mutlak saat proses perhitungan suara dimana beliau mendapatkan 82 suara dari jumlah suara total 85 suara dibandingkan Arif dan Rahim yang tak memperoleh suara satu skor pun.

Selanjutnya untuk kedepannya setelah kepemimpinan Edy Rahmayadi, kini PSSI akan diurus oleh Iwan Blue sebagai ketua umum yang baru. Dan tentu saja ini adalah tugas besar hingga Indonesia menjabat sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021.

Berikut juga ada beberapa jumlah calon ketua hingga beberapa orang yang keluar dari kongres. Diantaranya ada La Nyalla Mattalitti dan Bernard Limbong yang tak hadir di acar pemilihan ketua umum tersebut.

Sedangkan Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono mengikuti acara pemilihan tersebut. Dan ada 6 orang lainnya yang walk out yaitu Fary Djemy Francis, Aven Hinelo, Sarman El-Hakim, Benny Erwin, Vijaya Fitriyasa dan Yesayas Octavianus.