Selalu Gagal Pakai Eyeliner? Trik Ini Bakal Bikin Kamu Sukses Bikin Eyeliner Dalam Sekali Ulas

61

Mata merupakan jendela hati, untuk itu bagi wanita merias bagian mata memerlukan kelihaian serta waktu yang tak sebentar. Berbagai elemen make up digunakan, seperti eyeshadow, maskara, dan eyeliner demi memberikan suatu kesan bagi yang melihat.

Dari ketiga elemen tersebut ada satu yang seringkali membuat wanita menghabiskan waktu yang lama dalam berdandan, yaitu eyeliner. Bagaimana tidak, jika kurang hati-hati eyeliner-mu akan keluar dari garis yang seharusnya dan bisa merusak keseluruhan riasan mata yang telah kamu buat sebelumnya.

Inilah yang membuat beberapa wanita memilih untuk tidak menggunakan eyeliner. Padahal eyeliner bisa menyempurnakan tampilan seluruhan riasan di wajahmu, lho. Bagi kamu yang memiliki mata sipit eyeliner dapat menegaskan garis matamu. Eyeliner juga akan membuat warna eyeshadow di matamu semakin indah dan menawan. Lihat saja artis-artis korea yang selalu mengandalkan eyeliner untuk membuat matanya semakin hidup.

Bagi kamu yang sering begadang, kurang istirahat, atau membaca buku terlalu banyak, biasanya mata akan terlihat sayu. Jika ini terjadi ketika kamu harus menemui orang-orang penting eyeliner bisa jadi penyelamatmu. Dengan eyeliner tampilanmu akan kembali terlihat tegas dan segar.

Sebetulnya menggambar eyeliner merupakan hal yang gampang-gampang susah. Kesulitan yang sering dihadapi biasanya adalah ketika harus menyamakan gambaran eyeliner di mata kanan dan kiri. Nah, bagi kamu para pemula, sebaiknya coba perhatikan hal ini ketika menggambar eyeliner.

1Pilih jenis eyeliner

Berbagai jenis eyeliner banyak di jual, mulai dari yang cair, gel, padat, spidol, dan pensil. Nah, jika kamu masih baru dan belum mahir menggunakan eyeliner sebaiknya pilihlah jenis pensil karena mudah digunakan.

Pilihlah pensil sesuai kebutuhanmu. Misal, eyeliner pensil yang memiliki tekstur lunak dan lembut dapat kamu gunakan jika ingin membentuk garis mata yang tebal. Sebaliknya, gunakan pensil yang keras untuk membuat garis tipis.

Jika kamu menggunakan eyeliner pensil untuk waktu yang lama sebaiknya rajinlah touch up, karena beberapa formula dari eyeliner pensil tidak tahan lama. Sebelum menggunakannya jangan lupa untuk meraut terlebih dulu. Selain agar mudah untuk menggunakannya, hal ini dilakukan untuk membersihkan bakteri yang menempel pada ujung pensil.

Agar kesan eyeliner lebih dramatis, kamu juga bisa mengaplikasikannya pada bagian atas dan bawah mata. Atau lakukan teknik smudging untuk membuat riasan smokey eyes.

2Kenali bentuk mata

Menggambar eyeliner juga sebaiknya tidak sembarangan. Kenali bentuk matamu agar kamu tahu model eyeliner apa yang cocok diaplilkasikan pada matamu. Misalnya pada bentuk almond-shaped eyes mulailah menggambar garis dari sudut dalam mata, lalu perluas garis hingga sudut luar.

Jika matamu cenderung dalam sehingga terlihat sangat cekung hindari penggunaan eyeliner tebal di kelopak mata. Buatlah garis tipis hingga ke sudut luar, dan berikan wings tebal di bagian ujungnya. Hal ini memberikan ilusi mata yang ekspresif.

3Gunakan alat bantu

Tak perlu ragu untuk menggunakan alat bantu agar kamu bisa dengan mudah membentuk garis di kelopak mata. Gunakanlah alat-alat yang ada di sekitarmu saja, misalnya sendok. Untuk membentuk cat eye yang sempurna letakkan gagang  sendok di bagian ujung luar mata. Buatlah garis miring dan gunakan bagian cekungnya untuk membentuk lengkungan khas cat eye.

4Jangan takut salah

Tidak perlu sedih jika kamu seringkali melakukan kesalahan ketika menggambar eyeliner, karena semua itu bagian dari pelajaran. Yang harus kamu lakukan hanyalah menyiapkan benda-benda penyelamat, misalnya concealer.Gunakan concealer untuk menghapus bagian eyeliner yang berantakan.

Selain itu, baby oil, petroleum jelly, dan lip gloss juga bisa kamu gunakan saat eyeliner-mu tidak sesuai dengan garis yang akan kamu gambar.

Pada percobaan awal mungkin memang tak akan sempurna. Namun, jika kamu sering berlatih menggunakannya pasti akan semakin terlihat kesempurnaan sapuan eyeliner buatanmu. Jangan lupa gunakan produk eyeliner yang aman dari bahan-bahan berbahaya, karena digunakan di tempat yang sangat dekat dengan mata.