Selain Kasus Audrey, 8 Kasus Bullying Ini Juga Pernah Terjadi di Indonesia

27

Sudah banyak kabar dan berita yang menyerukan segala hal tentang perundungan atau bullying. Kasus ini kini tengah marak terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Baru-baru ini, kasus bully kembali terjadi di Kalimantan dengan salah satu korbannya adalah siswi sekolah menengah pertama. Dunia maya pun ramai membicarakan hal ini dengan tagar #JusticeforAudrey. Bukan hanya kasus Audrey saja, kasus bullying lainnya juga pernah terjadi dan viral di tanah air, beberapa diantaranya adalah:

1. Kasus Bullying di Sukabumi

Kasus ini diduga terjadi pada 8 Agustus 2017 dan sempat menjadi perbincangan di berbagai media. Bully yang berujung perkelahian hingga korban meregang nyawa diawali dengan praduga penyakit yang diderita korban. Pihak sekolah mengatakan bahwa korban mengidap penyakit, padahal kenyataannya korban tidak pernah mengidap penyakit apapun bahkan sehari sebelum meninggal dunia.

2. Kasus Bullying di Aceh

Kasus bullying yang sempat viral pada pertengahan Januari 2019 ini mengisahkan tentang kejamnya ospek yang harus dilewati oleh anak baru. Pada video tersebut terlihat kakak kelas yang memberikan makan adik kelasnya dengan makanan encer. Beberapa diantaranya muntah bahkan hanya karena melihat makanan tersebut.

3. Kasus Bullying di Jakarta Selatan

Kasus bullying ini dialami oleh siswa kelas X yang dibully oleh seniornya yang duduk di kelas XII. Hal tersebut terjadi pada 3 Mei 2016 yang memberitakan bahwa para junior mereka berani menonton pertunjukkan DJ di sebuah kafe. Para pelaku menumpahkan minuman di kepala para korban dan menjadikan kepala mereka tersebut sebagai asbak rokok. Para tersangka juga menyuruh para juniornya itu untuk merokok dengan mengenakan seragam yang di luarnya terdapat bra.

4. Kasus Bullying di Sulawesi Selatan

Kasus bullying yang menyebabkan jiwa melayang kembali terjadi di Makassar pada 5 Februari 2019. Kasus ini dialami oleh Aldama Putra yang merupakan mahasiswa AKTP Makassar. Ia dianiaya oleh seniornya ketika kedapatan tidak mengenakan helm di area kampus.

5. Kasus Bullying di Sidoarjo

Kasus bullying ini sempat viral di Indonesia pada 10 Maret 2018. Pada unggahan tersebut menjelaskan bahwa kejadian perundungan itu dilatarbelakangi oleh hutang softlens. Korban yang latar belakangnya adalah murid SD ini tidak kunjung membayar hutangnya hingga para pelaku yang notabennya adalah murid SMP itu membullynya habis-habisan sampai menangis.

6. Kasus Bullying di NTT

Kasus bullying yang terjadi di NTT ini dilakukan oleh guru terhadap muridnya. Kejadian ini direkam kamera dan sempat menjadi viral. Dalam video tersebut menerangkan bahwa seorang guru menendang yang menampar dua orang muridnya.

7. Kasus Bullying di Depok

Kasus bullying di Depok terjadi pada sebuah Universitas. Kejadian yang sempat viral pada 2017 lalu menerangkan bahwa seorang mahasiswa membully mahasiswa berkebutuhan khusus. Menanggapi kejadian tersebut, rektor Universitas diminta untuk memberikan kebijakan atas kasus bully yang terjadi di lingkungan perkuliahan.

8. Kasus Bullying di Jakarta Pusat

Kejadian ini terjadi di Thamrin city, Jakarta Barat. Kasus bullying yang sempat viral di tahun 2017 ini melibatkan para siswa SD dan SMP di mana mereka melakukan pengeroyokan terhadap satu pelajar. Kabarnya pelajar tersebut mengalami luka berat dan para pelaku dihukum dengan dikeluarkan dari sekolah.

Nah, itulah beberapa kasus bullying yang pernah viral di Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, seharusnya sudah melakukan berbagai cara bagaimana kasus ini tidak terjadi lagi. Tidak perlu repot melakukan kampanye, lindungi dan bentengi keluarga dengan hal-hal positif dan selalu melibatkan Tuhan di setiap langkah.