Sambat Ternyata Tidak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaatnya

21

Mengeluh atau dalam istilah lainnya adalah sambat merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh manusia. Mengeluh atau sambat biasanya terjadi karena rasa lelah dan sumpek terhadap suatu masalah yang sedang melanda diri kita.

Bagi sebagian orang, sambat atau mengeluh merupakan hal yang kurang baik dan dipandang negatif karena menurut orang lain sikap seperti ini tidak pantas diketahui orang lain. Namun, tahukah kamu kebiasaan yang dianggap kurang baik ini ternyata memiliki manfaat yang baik juga lho untuk diri kita.

Buat sebagian orang lain mungkin mengeluh atau sambat terlihat aneh karena ada manfaatnya. Tapi kalau kita simak ulasan berikut kamu akan mempercayainya.

  • Mengeluarkan segala keluh kesah

Sadarkah kamu dengan mengeluh kamu justru dapat mengeluarkan keluh kesah sehingga kamu tidak merasa menangani masalah ini sendirian. Selain itu kamu bisa bernafas lega karena apa yang ada di pikiran dan hatimu mulai berkurang lewat keluhan yang kamu keluarkan.

  • Menemukan orang lain

Biasanya beberapa orang yang sedang menghadapi masalah akan bertemu dengan orang yang bernasib sama dan akan mendengarkan beberapa masukan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang pernah dialaminya.

  • Menemukan solusi masalah

Orang yang sering sambat kadang dapat memecahkan masalah sendiri berdasarkan jalanan alternatif yang ditemui. Buat kamu yang suka ngeluh nggak usah khawatir tidak menemukan solusinya. Karena tanpa kamu sadari, kamu justru dapat menemukan jalan keluarnya sendiri.

  • Dapat berpikir bijak

Sadarkah kamu dengan mengeluh, kamu justru dapat berpikir bijak untuk mencari solusi dari masalah yang kamu hadapi. Pandanganmu akan terbuka dengan banyak masalah.

  • Berpikir kreatif

Sadarkah kamu dengan mengeluh kamu justru akan berpikir kreatif untuk memecahkan masalah yang sedang kamu hadapi? Iya secara tidak sadar, orang yang mengeluh justru mampu berpikir kreatif terhadap masalah yang dihadapinya. Ia juga akan berpikir banyak cara untuk menyelesaikan segala masalahnya.

Wah, ternyata banyak juga manfaat sambat atau mengeluh dalam kehidupan kita. Mungkin selama ini kita selalu berpikir negatif tentang sambat atau mengeluh, ternyata tanpa kita duga ada sisi positif juga yang bisa kita temukan dari hal yang dipandang kurang baik ini.

Jadi, sambat itu boleh dilakukan dan tahu kadarnya. Jangan lupa kontrol emosimu, tumpahkan saja keluh kesahmu kepada orang yang telah kamu percaya. Kenapa? Karena tak semua orang bisa menerima dengan baik keluh kesahmu. Semoga bermanfaat