Saling Mendukung, Selebgram Indonesia Berikan Endorse Gratis Untuk UKM

16

Pandemik Corona yang berlangsung sejak bulan Desember 2019 mengakibatkan kemerosotan perekonomian di negara terdampak, termasuk Indonesia. Meskipun Indonesia baru mendapati Covid-19 di bulan Pebruari 2020, namun dampak buruk di bidang ekonomi sangat terlihat jelas. Pemberlakuan pembatasan wilayah, kebijakan physical distancing, dan lainnya membuat perekonomian terus mengalami kemunduran.

Namun sektor yang paling berdampak adalah UKM dimana penghasilan yang mereka dapatkan adalah penghasilan harian. Ketika pemberlakuan untuk tetap berada di rumah saja dikeluarkan, jumlah penjualan pun terus merosot.

Bahkan tak sedikit pula, UKM yang terpaksa menutup usahanya selamanya karena tidak sanggup menanggung beban yang harus terus dibayar namun pendapatan semakin berkurang.

Merasa prihatin dengan nasib para pelaku UKM yang semakin menyedihkan. Beberapa selebgram pun membantu meringankan beban para pelaku UKM dengan mempromosikan usaha mereka secara gratis. Mereka memberikan endorse gratis pada pelaku UKM yang merasakan dampak dari pandemik Corona.

Salah satunya adalah kreator Hans Danial yang memberikan kesempatan pada para pelaku UKM yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman. Pelaku UKM dapat mempromosikan bisnis mereka di kolom komentar media sosial milik Hans Danial di @eatandtreats.

Akun @tynakannamirdad yang merupakan milik Tyna Kanna Mirdad dan Nana Mirdad juga memberikan kesempatan bagi pelaku UKM untuk menarik konsumen melalui laman media sosial mereka. Pelaku UKM dipersilahkan untuk melakukan mention di kolom komentar dan nantinya Tyna akan melakukan endorse di Story-nya untuk 5 UKM terpilih setiap hari.

Tak kalah dari dua selebgram di atas, dua artis yang merupakan ibu dan anak, Ashanty dan Aurel Hermansyah memberikan support pada pelaku UKM dengan menawarkan jasa endorsement gratis melalui akun media sosialnya @ashanty.ash dan @aurelie.hermansyah.

Seleb cantik dan kocak, Ayu Dewi juga memberikan kesempatan bagi pelaku UKM untuk mendapatkan pelanggan seluas-luasnya dengan membuat akun baru bernama @dirumahajakeren. Akun baru ini dibuat untuk memberikan endorse gratis bagi UKM yang melakukan mention dan hashtag #DiRumahAjaKeren.

Ernest Prakarsa juga menyalurkan bantuan moralnya dengan melakukan gerakan endorse gratis. Para pelaku UKM dipersilahkan untuk memberikan informasi tentang bisnis mereka dan Ernest kemudian akan memilih 3 bisnis yang akan diendorse melalui postingan feednya.

Dengan memberikan endorse gratis, para selebgram tak hanya membantu memudahkan pelaku UKM mendapatkan pelanggan, tapi juga para ojek online yang ikut terkena dampak pandemik Corona.