Sahala Lumban Gaol Akan Dicopot dari Jabatan Komisaris

17

Jakarta, 17 Januari 2020 Baru-baru ini PT Garuda Indonesia menjadi sorotan karena adanya penyelundupan Harley Davidson di pesawat. Penyelundupan tersebut membawa PT Garuda Indonesia ke dalam masalah lain dan tentunya menjadi sorotran masyarakat. Masalah yang berkaitan dengan kriminalitas kendaraan bermotor ini membuat perhatian masyarakat  semakin terfokus pada kasus dari Sahala Lumban.

Dikabarkan bahwa susunan direksi perusahaan tersebut akan diubah. Kabar ini sendiri sudah dikonfirmasi oleh Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Perubahan jajaran direksi dari PT Garuda Indonesia ini diharapkan bisa bekerja dengan baik.

Erick Mengatakan bahwa Direktur Utama Garuda Indonesia akan jadi sesuatu yang menarik. Selain direktur, Komisaris Utama juga tak tinggal disebutkan. Ia juga menyiratkan bahwa jabatan yang dipegang oleh Sahala Lumban Gaol sebagai Komisaris Utama Garuda Indonesia akan dicopot. Pencopotan jabatan ini merupakan salah satu tindakan dari perubahan susunan direksi dan komisaris di PT Garuda Indonesia.

Menteri BUMN sendiri sudah mengantongi beberapa nama yang akan menjadi calon direksi Garuda Indonesia. Hingga kabar ini dibuat, identitas calon direksi PT Garuda Indonesia tersebut masih belum diungkapkan. Erick menambahkan jika identitas dari calon direksi baru akan diumumkan saat RUPSLB atau Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Garuda yang direncanakan akan digelar tanggal 22 Januari tahun 2020.

Masalah penyelundupan Harley Davidson di maskapai Garuda Indonesia pada 17 November 2019 tahun lalu memang berdampak pada pemecatan Direktur Utama Garuda Indonesia, yaitu Ari Askhara oleh Menteri BUMN. Selain itu, empat direksi perusahaan Garuda Indonesia juga dicopot dari jabatannya.

Keempat direksi yang tersebut yaitu, Muhammad Iqbal Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, Adisurya Angkasa Direktur Operasi, Heri Akhyar Direktur Human Capital, dan Iwan Joeniarto Direktur Teknik dan Layanan.

Menanggapi pencopotan empat direksi tersebut dan komisaris utama PT Garuda Indonesia, Menteri BUMN mengatakan bahwa direksi sudah ada. Namun, untuk posisi Komisaris Utama masih belum. Erick Menambahkan jika posisi Komisaris Utama mungkin masih pekan depan.

Erick Thohir mengungkapkan bahwa kabar pencopotan jabatan Komisaris Utama Garuda Indonesia, Sahala Lumban Gaol ini merupakan wujud profesionalisme dan transparan bukan sebuah arogansi. Saat ini posisi direktur Utama dari Garuda Indonesia pasca pemecatan Ari Askhara sendiri diisi oleh Fuad Rizal yang menjabat direktur keuangan.

Fuad Rizal didapuk sebagai Pelaksana Tugas atau PLT dari Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero). Sebagai maskapai lainnya penyelundupan Harley Davidson pada pesawat Airbus A330-900 ini bisa menjadi pelajaran untuk tidak menyelundupkan barang dalam sebuah penerbangan.