Saat Buah Hati Susah Makan, Lakukan Tips Ini

32
anak tidak mau makan

Saat buah hati susah makan dalam hati pasti akan timbul rasa jengkel dan cemas tidak karuan. Sampai-sampai mencoba berbagai cara agar bisa membujuk buah hati mau disuapi. Tapi, tetap saja tidak ada perubahan justru si buah hati merengek. Padahal, jika hal ini dibiarkan terus-menerus sangat tidak baik dan berpengaruh terhadap tumbuh kembang si buah hati. Lalu, solusi apa yang dapat kita ambil untuk meningkatkan nafsu makan buah hati?

Simak ulasan berikut, tips mengembalikan nafsu makan buah hati:

  • Menyediakan menu makanan yang bervariasi

Jika buah hati susah disuruh makan, bahkan disuapi tidak mau. Jangan dipaksa. Kadang orang tua kurang sabar menghadapi buah hati saat berkali-kali berusaha agar si anak mau makan. Namun, justru memaksa buah hati untuk tetap makan akan membuat nafsu makan anak semakin berkurang. Dan akibatnya, anak akan rewel dan tidak mau makan sama sekali.

Solusinya, adalah dengan menarik perhatian buah hati. Dengan menyediakan menu makanan yang bervariasi dan juga menarik, selain dapat menarik minat buah hati bersedia makan juga dapat memenuhi nutrisi anak dengan berbagai jenis sajian makanan yang disantap. Jika si kecil tidak suka dengan sayuran, bunda bisa mengombinasikan sayuran dengan telur dan di bentuk dengan berbagai bentuk. Seperti bintang, bulan dan lain sebagainya. Dengan seperti itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anak untuk bersedia makan.

  • Menyediakan camilan sehat setiap hari

Jika si buah hati makan terlalu sedikit, pasti akan mencemaskan bunda. Boleh sekali jika bunda mengakalinya dengan memberikan si kecil camilan sehat yang lezat. Agar bunda bisa menjamin camilan yang dikonsumsi buah hati aman dikonsumsi atau tidak. Lebih baik bunda membuatkannya sendiri ya bun. Seperti membuat  jeli berbahan dasar buah.

  • Libatkan anak dalam menyajikan makanan

Tidak ada salahnya jika bunda mengajak buah hati memasak dan menyiapkan makanannya sendiri. Selain meningkatkan kreativitas buah hati sejak kecil sekaligus membangun kedekatan ibu dan anak, juga dapat dijadikan stimulus buah hati agar bersedia menyantap masakan yang dibuatnya bersama sang bunda. Kadang, buah hati lebih tertarik makan jika mengetahui proses pembuatannya yang melibatkan dirinya sendiri.

Itulah artikel tentang tips mengatasi buah hati susah makan. Semoga bermanfaat.