Resmi Naik Tahta Sebagai Kaisar Baru Jepang, Berikut Fakta Menarik Tentang Pangeran Naruhito

48

Hari Rabu 1 Mei 2019 akan jadi hari yang bersejarah bagi para waga Jepang, karena tepat pada hari ini mereka resmi memiliki Kaisar baru. Hironomiya Naruhito, putra mahkota Kaisar Akihito telah resmi menjadi Kaisar baru Jepang, usai melakukan upacara peresmian.

Pangeran Naruhito akan menlanjutkan pekerjaan sang ayah yang memutuskan turun tahta usai 3 dekade memimpin. Alasan Kaisar Akihito mundur tidak lain adalah karena faktor usia dan kesehatan. Mundurnya Kaisar Akihito sebelum digantikan putranya ini lebih dulu diumumkan pada tanggal 8 Agustus tahun lalu, yang disiarkan ke seluruh penjuru Jepang.

Momen saat Kaisar Akihito turun tahta ditemani sang Permaisuri Michiko
Momen saat Kaisar Akihito turun tahta ditemani sang Permaisuri Michiko

Menggantikan sang ayah, Pangeran Naruhito akan memimpin Jepang dalam era baru, yakni Era Reiwa. Era Reiwa sendiri memiliki arti memerintah dalam kedamaian. Mengutip dari laporan Japan Times, Reiwa sendiri sebenarnya terdiri dari dua huruf Kanji, yang mana huruf pertama keberuntungan, dan huruf kedua menggambarkan kedamaian atau harmoni.

Banyak publik yang belum begitu mengenal sosok Naruhito lantaran pekerjaannya yang lebih banyak ada di luar Jepang. Oleh karena itu di bawah ini merupakan beberapa fakta tentang Pangeran Naruhito yang terkenal rakyat oleh Jepang sebagai pria yang sangat bersahaja.

1. Punya Masa Kecil yang Berbeda dari Sang Ayah

Lahir pada tanggal 23 Februari 1960 di era Showa ke-35, Pangeran Naruhito memiliki masa kecil yang sangat berbeda dengan kaisar sebelumnya. Kehidupan kecil ayah Naruhito bisa dikatakan cukup sibuk, karena sejak umur 18 tahun Kaisar Akihito sudah disibukkan dengan statusnya sebagai putra mahkota dan perwakilan kaisar showa, sehingga sulit mendapatkan pendidikan yang sama seperti anak anak pada umumnya.

Berbeda dengan sang ayah, Naruhito bisa merasakan kehidupan sekolah seperti anak anak biasanya, dari mulai TK hingga Perguruan Tinggi, Naruhito diberikan pendidikan sama seperti anak pada umumnya dengan alasan agar bisa membaur dengan rakyat biasa sejak masih kecil.

2. Kisah Asmara dengan Putri Masako

Sosok Pangeran Naruhito dan Istrinya Putri Masako
Sosok Pangeran Naruhito dan Istrinya Putri Masako

Pertemuan awal Pangeran Naruhito dengan istrinya, Putri Masako terjadi saat mereka berdua menghadiri perjamuan untuk menyambut Ratu Spanyol di Jepang. Ketika itu usia Pangeran Naruhito adalah 26 tahun, sedangkan sang Putri 22 tahun.

Tak berbeda jauh dalam segi umur, pertemuan itu lantas langsung membuat keduanya jatuh cinta. Sempat harus dipisahkan karena sang Putri harus melanjutkan pendidikan di Universitas Oxford di Inggris, namun 7 tahun kemudian setelah melewati masa LDR keduanya akhirnya memutuskan untuk menikah pada 9 Juni 1993.

3. Sosok yang Ramah

Sejak kecil karena sudah diperbolehkan berbaur dengan rakyat biasa dan mengikuti darmawisata ke daerah pelosok, kini Pangeran Naruhito menjelam sebagai sosok yang sangat ramah. Pangeran Naruhito selalu dengan senang hati menerima undangan para pejabat daerah, ia juga terkenal ramah saat masa sekolah, serta ramah juga kepada para pekerja di kantor administrasi kekaisaran.

4. Melanjutkan Pendidikan Pascasarjana

Pangeran Naruhito menjadi satu satunya Kaisar yang melanjutkannya ke jenjang Pascasarjana. Pada usia 18 tahun ia lebih dulu masuk ke Universitas Gakushuuin, berbeda dengan ayahnya yang di usia 18 tahun sudah ikut kegiatan kekaisaran, Naruhito diberi kesempatan melanjutkan pendidikan sampai jenjang Pascasarjana.

Pangeran Naruhito sempat mengenyam pendidikan di Universitas Oxford, yang sekaligus melakukan penelitian mengenai Transportasi Air. Untuk syarat kelulusannya, Pangeran Naruhito menyusun Tesis yang berisi tentang Lalu Lintas Maritim Abad Pertengahan di Pedalaman Laut Seto. Sedangkan saat di Oxford ia melakukan dan mempelajari tentang Transportasi Sungai Thames.

5. Hobi Bermusik dan Mendaki Gunung

Pangeran Naruhito juga memiliki hobi yang cukup keren, dimana ia sangat senang bermusik, alat musik yang sangat ia kuasai adalah biola. Selain itu ia juga senang dengan aktivitas outdoor yakni mendaki gunung.