Resiko Mengaktifkan Rem Parkir Terlalu Lama

10

Rem parkir atau rem tangan berfungsi untuk membuat mobil tidak bergerak saat di parkir. Kinerja rem parkir ini dengan cara mengaktifkan rem belakang sehingga mobil tidak berjalan dengan sendirinya saat sedang terparkir. Tapi, tahukan anda jika terlalu lama mengaktifkan rem parkir ini bisa menyebabkan resiko yang mengerikan.

Terlalu lama mengaktifkan rem parkir bisa menyebabkan kampas rem lepas dari pelat atau bagian yang menjadi penyangganya. Hal tersebut bisa sangat beresiko dan dapat menyerang pada bagian rem belakang jenis tromol. Rem dengan jenis tromol ini berbentuk bidang kontak panjang, sangat berbeda dengan rem cakram.

Ketika kampas rem lepas dari penyangganya di saat rem tangan sedang aktif. Saat aktif inilah, kampas rem terus menempel pada bagian tromol atau bagian piring cakramnya. Dan jika dibiarka saja terlalu lama, kampas rem tersebut akan sangat beresiko menjadi lengket dan juga menempel pada bagian tromol atau bagian piring cakramnya.(Di kutip dari laman resmi Suzuki)

Jika mobil di paksa berjalan, kampas rem tersebut akan sangat beresiko terlepas jika di paksa untuk melaju berkendara. Resiko akan semakin berat jika anda mengaktifkan rem parkir aktif dalam jangka waktu yang cukup lama dimana rem tersebut dalam keadaan basah.

Solusi yang harus anda lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan rem parkir atau rem tangan dalam jangka waktu lama. Anda bisa menggunakan ganjalan mobil berupa batu, balok, atau dengan menggunakan tire stopper.

Jika rem parkir sudah menempel ada tromol meskipun tuas sudah dibuka, jangan menggerakkan mobil dengan paksa. Yang harus anda lakukan adalah dengan menekan tombol tuas rem parkir sambil di angkat kuat-kuat. Kemudian, dengan cepat turunkan tuas remnya.

JIka cara tersebut tidak berhasil, anda bisa lakukan secara berulang-ulang sampai kampas rem tersebut lepas dari tromol. Jika memang tidak berhasil juga, ganjal mobil dengan menggunakan balok atau batu pada bagian kedua sisi ban. Lalu, buka bagian ban untuk melepaskannya. Jika kampas rem parkir dapat terlepas, segeralah ganti kampas rem dengan yang baru.

Yang harus di ingat, jangan pernah menggunakan teknik pantek, karena akan sangat beresiko kampas rem copot atau terlepas. Jika anda tidak ahli dalam hal ini, ada baiknya segera ke bengkel untuk mengatasi permasalahan mobil.

Proses lengketnya kampas rem pada tromol memang membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, ada baiknya lakukan pencegahan terlebih dahulu agar terhindar dari kerusakan. Dengan kerusakan tersebut tentunya anda akan mengeluarkan biaya yang tidak murah.

Sumber : oto.detik.com