Reaksi Warganet di Twitter Saat WhatsApp Down

5

Minggu (19/01/2020) tagar #WhatsAppdown menjadi trending topik teratas di Twitter. Kira-kira ada apa dengan aplikasi WhatsApp ya?

Aplikasi WhatsApp kini seperti kebutuhan primer dan menjadi andalan bagi sebagian orang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Bagaimana tidak, di aplikasi satu ini hampir setiap orang bisa berkomunikasi melalui telepon suara, video call, pengiriman teks tulis, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.

Namun, sore ini aplikasi ini mengalami gangguan secara menyeluruh. Adapun negara yang mengalami server down pengguna aplikasi ini adalah Indonesia, Malaysia, India, Arab Saudi dan Kuwait.

Belum diketahui apa penyebabnya, namun beberapa warganet kini mulai mengeluhkan pelayanan aplikasi tersebut melalui aplikasi social media lainnya, yaitu Twitter dengan membuat cuitan bertagar #Whatsappdown. Jumlah cuitan saat ini saja sudah mencapai 61 ribu tweet. Wah kebayang dong berapa banyak tweet yang isinya semua keluhan?

“Ig error ngadu ke Twitter, Youtube error ngadu ke Twitter dan sekarang WA error ngadunya juga ke Twitter. Terbukti Twitter adalah tempat untuk sobat ambyar, sini pelukan kita sob (emoji) #Whattsappdown” tulis akun @el_kookvv.

“Twt said : come on baby, sudah waktunya kamu pulang ke twt. Jangan main mulu sama yang suka down mweheheh #whattsappdown” tulis akun twitter @jjungsooni

Sebenarnya server down pada whattsapp bukan berarti secara keseluruhan tidak bisa dibuka, untuk mengirim pesan chat atau panggilan suara, dan hal lainnya masih bisa dilakukan kecuali foto dan video.

Sehingga tak jarang saat ini banyak orang yang melakukan story di whattsapp dalam bentuk kata yang wallpapernya sendiri sudah disediakan oleh WhatsApp. Maksud dibuat story itu sebagai bentuk ekspresi kecewanya karena tidak bisa mengakses seperti biasanya.

“Wa berubah jadi warna warni udah kya pelangi” tulis pengguna whatsapp

“Ini wa kenapa ya? Bikin video sama gambar di story gak bisa. Masa kuota yang abis? Apa emang nggak ada yang ngechat :(” tulis pengguna WhatsApp yang lain.

Sebelumnya Whatsapp juga pernah dibuat down ketika politik Indonesia sedang memanas dengan pemilihan umum presiden dan beberapa pilihan lainnya. Untuk menghindari hoax Keminfo sengaja membuat server down pada aplikasi ini.

Akhirnya, sekitar pukul 19.00 WIB penggunaan WhatsApp sudah kembali normal dan bisa digunakan lagi oleh banyak orang sebagai alat komunikasi.