Ragu Ingin Menikah? Ketahui 4 Manfaat Menikah yang Wajib Jomblo Tahu

55

Menginjak dewasa, semua orang tentunya berharap memiliki kehidupan yang lebih baik dari apa yang dimilikinya sekarang. Namun, semua itu rasanya juga belum sempurna tanpa dihiasi dengan pernikahan. Dalam Islam pernikahan adalah suatu ikatan yang suci antara laki-laki dan perempuan untuk menjalani bahtera rumah tangga sebagaimana yang telah diatur dalam perundang-undangan dan juga agama.

Menikah bukanlah hal yang mudah, bukan hanya menyatukan dua perbedaan antara kepribadian laki-laki dan perempuan yang sudah diikat menjadi pasangan suami istri. Akan tetapi makna dari pernikahan sendiri meluas dan lebih mendalam, di mana seseorang harus mampu memposisikan dirinya menjadi pasangan yang baik, bertanggungjawab dalam menanggung hak dan kewajibannya dalam membangun bahtera rumah tangga. Tujuan menikah sendiri, diantaranya :

1. Ibadah Mengikuti Kesunahan Rasulullah

Pernikahan adalah suatu ibadah yang juga dilakukan Rasulullah. Dengan menikah justru kita memiliki banyak memanen ladang-ladang pahala, yang tentunya belum tentu kita rasakan sebelum kita menikah. Misalnya saja, ketika seorang istri memasak untuk keluarganya suaminya dan anaknya dan diniatkan sebagai ibadah, maka si istri mendapatkan pahala yang banyak yang nantinya dapat membawanya ke surga-Nya.

2. Mencetak Generasi Penerus yang Baru

Selain menjadikan ladang pahala, menikah juga bertujuan untuk mencetak generasi penerus yang baru, yang nantinya bisa menjaga harta kalian, nasab atau garis keturunan kalian, memimpin negara dengan baik, mempelajari ilmu-ilmu agama, dan masih banyak lagi.

3. Memperlancar Rejeki

Mungkin sebelum menikah, ada sebagian orang yang merasakan rejekinya seret, susah, dan serba sulit. Tapi begitu dia sudah menikah dia sudah bisa merasakan lancarnya rejeki yang begitu luar biasa, yang begitu melimpah ruah. Hal ini mungkin Allah takdirkan seseorang tersebut mendapat rejeki yang lancar ketika menikah, karena ia harus mencukupi kebutuhan keluarganya.

4. Mengenal Budaya yang Berbeda

Menikah bukan hanya menyatukan laki-laki dan perempuan yang awalnya belum saling kenal. Menikah juga merupakan salah satu cara untuk mengenal budaya satu sama lain. Misalnya saja perempuan berasal dari budaya Jawa, sedangkan laki-lakinya berasal dari budaya Sumatera. Kemudian apakah ini justru akan membuat rumit? Jawabannya tidak, justru dengan menikah kita akan mempelajari budaya satu sama lain yang berbeda.

Nah itu dia manfaat dari menikah, jadi kamu mau putuskan menikah kapan? Yuk yang sudah punya calon pasangan disegerakan, biar bisa panen pahala yang banyak. Kalau yang belum? Yuk saling mendo’akan agar segera diberikan jodoh yang terbaik yang nantinya bisa menuntun dan membimbing kita ke surga-Nya.