Punya Tanaman Petai Cina? Ini Dia 10 Manfaatnya Untuk Kesehatan yang Harus Dicoba

11

Selain buahnya, ternyata daun petai cina juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Daun petai cina memiliki kandungan enzim alami yang sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit. Sehingga, dapat meningkatkan pembentukan kolagen di dalam sel kulit sehingga kulit tidak kusam, kering dan keriput.

Selain itu daun petai cina juga mengandung nutrisi sennoside A, B, C, D, E, F, G, flavonoid, naftein, aloe emodin dan juga tannin. Mungkin banyak sebagian orang belum tahu manfaat apa saja yang terdapat pada daun petai. Untuk cari tahu, simak informasinya disini.

1. Sembelit

Daun petai cina memiliki sifat laxative yang ampuh mengatasi sembelit parah akibat gangguan pencernaan. Dengan mengkonsumsi herbal daun petai cina, sembelit dapat diatasi dengan tuntas.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Imun tubuh atau kekebalan pada tubuh sangat berpengaruh sekali untuk daya tahan tubuh kamu saat tertular penyakit. Karena memiliki kandungan yang bersifat anti virus dan bakteri, Daun sembung bisa menjadi obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan metabolisme tubuh agar kebal terhadap penyakit.

3. Mengatasi Berat Badan Berlebih

Karena sangat ampuh untuk detoks, daun sembung menjadi obat herbal diet dan juga mampu menurunkan berat badan berlebih. Dimana, daun petai cina mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan juga memperlancar buang air besar.

4. Menyembuhkan Wasir

Wasir muncul karena terdapat peradangan pada bagian pencernaan. Daun petai cina yang memiliki sifat anti radang mampu mengatasi dan menyembuhakan wasir. Daun petai cina dapat melunakkan tinja, sehingga buang air besar menjadi lancar.

5. Membunuh Parasit

Tubuh kita memiliki banyak parasit yang menyebabkan kesehatan tubuh tidak stabil. Memiliki sifat antelmintik yang ampuh membasmi parasit dan juga cacing dalam tubuh.

6. Menghentikan Luka

Daun petai cina dapat juga menghentikan luka sayat karena benda tajam.

7. Mengatasi Gatal

Karena mengandung detoks yang sangat berkhasiat pada kulit, daun petai cina juga dapat menyembuhakn gatal pada tubuh.

8. Membasmi Racun Dalam Tubuh

Karena memiliki sifat detoksifikasi yang berfungsi ampuh membasmi racun, terutama pada usus besar. Jika racun dibiarkan begitu saja akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh.

9. Perut Buncit

Karena bisa menjadi obat diet dan dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, daun petai cina juga bisa mengatasi perut buncit. Penyebab perut buncit dikarenakan penumpukan lemak pada bagian perut. Dengan daun petai cina, lemak diperut akan di basmi sampai tuntas.

10. Mengatasi Kulit Bermasalah

Daun petai cina yang terkenal akan sifat detoksifikasi, pembentukan kolagen, dan mengandung enzim alami, mampu mengatasi masalah kulit yang kering dan juga keriput yang disebabkan karena pigmen kulit yang sudah berkurang karena bertambahnya usia.

Itulah 10 manfaat daun petai cina yang sangat berkhasiat untuk penyembuhan penyakit. Daun petai cina bisa didapatkan dengan mudah dipasar atau dilingkungan tempat tinggal. Banyak tentunya yang menanam petai cina ini namun jarang juga yang dapat mengetahui khasiatnya, terutama pada bagian daunnya.