Punya Mobil Diesel? Ini Cara Merawat Mobil 1300 Diesel

12

Ada beberapa mobil yang menggunakan mesin diesel dan bahkan menjadi favorit bagi kebanyakan orang karena kuat dan bertenaga untuk segala medan. Pada saat ini juga banyak mobil bermesin diesel yang di desain dengan getaran mobil lebih halus, suara tidak lagi keras dan minimnya residu asap yang dihasilkan.

Hal inilah yang membuat orang memilih mobil mesin diesel. Seperti semua kendaraan, mobil bermesin diesel pun perlu perawatan. Perawatan ini bertujuan menjaga performa mobil agar tidak mudah turun mesin. Perawatan mobil diesel ini tergolong sederhana dan mudah. Berikut ini beberapa cara melakukan perawatan untuk mobil mesin diesel.

1. Perhatikan Kadar Oli

Cek selalu kadar oli di mobil. Gunakanlah oli sesuai rekomendasi dari pabrikan mobilnya. Mobil mesin diesel memerlukan perawatan lebih untuk penggunaan oli karena penggunaan oli pada mobil mesin diesel akan lebih cepat habis karena untuk melindungi, mendinginkan, membersihkan dan melumasi mesin.

Disarankan melakukan penggantian oli jika menempuh jarak 5000 km tapi tidak harus menunggu jarak 5000 km, jika merasa tarikan gas mobil melajunya agak berat, bisa langsung untuk ganti oli tersebut.

2. Bersihkan Injektor Secara Rutin

Cek injektor secara rutin, kalau lebih amannya, bawa saja mobil tersebut ke bengkel resmi untuk mengecek injektor. Biasanya teknisi menyemprotkan cairan ke saluran bahan bakar.

Hal ini perlu dilakukan setidaknya sebulan sekali sehingga proses pembakaran bahan bakar pada mesin lebih lancar dan penggunaan bahan bakar lebih irit

3. Perhatikan Filter Bahan Bakar

Ada beberapa jenis bahan bakar yang terkadang tidak cocok semisal mengandung sulfur tinggi atau terdapat kandungan air di dalamnya. Untuk menyaring keduanya, diperlukan filter bahan bakar. Saat filter tidak diganti lama akan penuh residu dari bahan bakar yang tersaring.

Hal ini ditandai dengan menyalanya indikator pada bahan bakar. Jika tidak diganti residu tersebut akan memenuhi filter dan bahkan ikut masuk ke  mesin bersama bahan bakar.

4. Sebelum Digunakan, Panaskan Mobil

Panaskan mesin sebelum digunakan dan lakukanlah setiap hari. Jangan terlalu sebentar memanaskan mesin diesel, panaskan kira – kira 10 menit sebelum digunakan, berbeda dengan mobil yang berbahan bakar bensin. Cukup sebentar saja dipanaskan.

Jika mobil berbahan diesel butuh waktu lama untuk mendapatkan proses pembakaran yang sempurna, mobil berbahan bensin mudah dan cepat untuk melakukan proses pembakaran secara sempurna karena bensin sendiri mudah terbakar.

Ditambah lagi, mobil mesin diesel tidak terdapat busi untuk mempercepat pembentukan arus listrik, bedan dengan mobil berbahan bakar bensin.

5. Selalu Isi Tangki

Pastikan selalu tangki terisi bahan bakar, jangan sampai kosong agar mesin mobil saat melaju ada bahan bakar yang diolah. Usahakan untuk selalu mengecek tangki bahan bakar dan segera isi tangki jika isi tangki mencapai 1/3.

Jika tidak segera terisi, mesin mobil tidak akan ada yang diproses untuk pembakaran dan menyebabkan mesin mobil mudah mogok bahkan rusak.

6. Gunakan Bahan Bakar Secara tepat

Gunakan bahan bakar yang sesuai yaitu solar. Di era sekarang, solar sangat baik kualitasnya dengan kadar sulfur sangat rendah sehingga aman untuk digunakan pada mesin diesel dan mesin lebih awet.

Coba gunakan biosolar atau dexlite. Gunakan bahan bakar sesuai mesin agar mesin bisa digunakan pada jangka panjang, dan tidak mudah rusak digunakan

7. Ganti Filter Udara

Cek selalu filter udara secara rutin. Biasanya jika mobil mencapai 5000 km. tapi jangan menunggu 5000 km baru mengecek filter udara, meskipun tidak sampai mobil melaju sampai jarak 5000 km tapi mobil terasa lebih berat tarikkan gasnya maka segera cek filter udara. Jika filter udara tidak berfungsi maksimal atau banyak kotoran dapat menghambat pasokan bahan bakar ke mesin.

8. Jangan Langsung Mematikan Mesin

Jangan langsung mematikan mesin saat selesai digunakan. Biarkan saja menyala selama lima menit saat mobil berhenti. Setelah itu matikan mesin. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi shock pada mesin jika langsung mematikan

Pengguna mobil diesel juga harus rutin melakukan pengecekan dan perawatan mobil ke bengkel resmi mobil tersebut. Setidaknya lakukan servis kalau mulai terasa tarikan gas agak lambat saat melaju atau agak berubah tarikan gasnya. Mobil anda adalah teman anda di perjalanan maka rawat dan gunakan sebijak mungkin.