Pulang Perjalanan Jauh, Lakukan 7 Cara Ini Agar Mobil Sehat

26

Ketika perjalanan jauh mobil yang terus-terus berjalan tentunya juga merasa lelah sehingga ketika perjalanan berakhir dan waktunya pulang ke rumah, mobil juga perlu istirahat dan perlu dirawat kembali. Tujuan dilakukan ini tentunya untuk menjaga mobil awet dan bisa bergerak lagi saat diperlukan kembali. Bagi yang masih bingung bagaimana cara merawat mobil setelah perjalanan jauh, berikut ada beberapa tips-tips yang bisa diikuti.

  1. Sistem pengereman

Ini adalah suatu bagian penting dari sebuah mobil, karena jika system pengeremannya rusak bisa terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Sehingga setelah pulang dari perjalanan perlu diperhatikan kembali. Coba dilihat apakah ada yang rusak atau tidak, perlu juga dilakukan kembali pengujian pada peranti rem yang ada baik itu rem bagian depan, rem bagian belakang atau pun rem untuk parkir. Jika Anda merasa ada yang janggal atau kurang baik dari sebelumnya berarti harus melakukan penggantian minyak rem atau kanvas rem.

  1. Kondisi oli

Oli juga bagian yang cukup penting bagi sebuah mobil sehingga setelah perjalanan jauh, ini juga perlu diperhatikan. Caranya dengan melihat kondisi pelumas tersebut dan memastikannya melalui tingkat indicator pelumas atau oli di bagian mesin. Jumlah oli yang tersedia seharusnya tidak kurang dari batas bawah pada tongkat indicator. Selanjutnya juga perlu diuji melalui tangan dengan cara mengambil sedikit oli dan meneteskan sedikit ke jari tangan. Lakukan penggesekan dengan kedua jari jika anda merasa oli tersebut merasa pekat maka oli tersebut perlu diganti.

  1. Cairan radiator

Ini juga cukup penting unuk dilakukan pengecekan pada cairan radioator mobil karena setelah melakukan perjalanan jauh mesin mobil jangan dibiarkan terus mengalami kenaikan suhu. Dengan adanya cairan radiator inilah yang membantu pengaturan suhu tersebut. Untuk mengetahui apakah cairan radiator masih cukup atau sudah berkurang,caranya dengan membuka penutup tempat cairan radiator berada. Jika konsentrasinya sudah berkurang maka segera dilakukan penambahan.

  1. Ban mobil

Ini juga suatu alat yang sangat penting fungsinya pada mobil, jika tidak ada ban tentunya mobil tidak bisa jalan. Setelah kembali dari perjalanan jauh, ban mobil yang terus-terusan mengalami gesekan dengan permukaan jalan. Sehingga agar mobil tersebut bisa digunakan kembali, kondisi ban mobil, kondisi bautnya dan tempat pengaturan anginnya dipastikan masih bagus. Namun jika tidak bisa dipakai kembali harus diganti atau diperbaiki supaya nantinya mobil masih bisa berjalan dengan baik.

Selain itu ketika mengecek kondisi ban ini, ada kegiatan yang harus dilakukan yaitu balancing dan spooring. Supaya ban mobil bisa bertahan lama ataupun awet dan mobil ketika dikemudi bisa berjalan dengan baik.

  1. Bagian kaki

Bagian kaki mobil juga perlu diperhatikan dan jika ada yang tidak bagus seperti ball joint, bearing, bushing arm maka diganti dengan yang bagus. 

  1. Plat kopling

Ini juga perlu dicek kembali setelah pulang dari perjalanan, jika didapat plat kopling sudah aus maka perlu diganti agar nanti bisa digunakan dengan baik kembali.

  1. Pembersihan kabin

Terakhir perlu dibersihkan bagian mobil bagian luar, bagian eksterior dan bagian interior mobil. Jika tidak ingin mencuci di rumah boleh membawa ke tempat pencucian mobil terdekat.    

Itulah 7 komponen mobil dan cara merawatnya yang perlu diperhatikan setelah melakukan perjalanan jauh dengan mobil kesayangan anda. Semoga bermanfaat.