Pintu Air Manggarai Berstatus Siaga Tiga

14

Jakarta 18 Januari 2020 Sampai pukul 08.30 WIB pagi ini, pintu air Manggarai sudah memasuki status siaga tiga. Ketinggian air pintu air ini mencapai 754 cm, yang disusul dengan hujan deras terus mengguyur Kota Jakarta sejak hari ini pada dini hari.

Dikutip dari laman milik Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, disebutkan bahwa pintu air Manggarai yang selalu dilewati aliran dari Sungai Ciliwung ini apabila sudah memasuki status normal atau status siaga empat, maka ketinggian airnya berada di bawah 750 cm. Hal ini tentunya akan membuat peningkatan kewaspadaan terhadap kondisi terkini.

Di samping itu, menurut pantauan dari televisi sirkuit tertutup (Closed Circuit Television atau CCTV) di lokasi tersebut telah dilaporkan bahwa ada alat berat yang sedang bekerja membersihkan tumpukan banyak sampah di lokasi pintu air. Kondisi tersebut harus segera ditangani sehingga bisa mencegah terjadinya banjir

Dengan meningkatnya status pintu air Manggarai ini, banyak pintu air aliran Sungai Ciliwung yang ikut terpengaruh. Di antaranya ialah pintu air Istiqlal menjadi siaga dua karena memiliki ketinggian air 335 cm. Pintu air Istiqlal ini berstatus normal jika ketinggian airnya di bawah 250 cm.

Kemudian pintu air Jembatan Merah menjadi siaga satu dengan tinggi air menjadi 222 cm. Pintu air Jembatan Merah ini berstatus normal atau siaga empat jika tinggi airnya di bawah 100 cm. Lalu pintu air Hek di Kali Baru Timur berstatus siaga tiga dengan ketinggian air 157 cm. Status normal pintu air ini adalah di bawah 100 cm.

Kondisi pintu air Karet di Banjir Kanal Barat mencapai ketinggian air 540 cm. Pintu air ini memiliki status normal jika ketinggian airnya berada di bawah 450 cm. Selain itu, pintu air Pompa Air Kali Duri mencapai ketinggian air 239 cm. Pintu air ini berstatus normal jika ketinggian airnya berada di bawah 220 cm.

Selain itu, dua pintu air yang berada di Jakarta Utara berstatus siaga dua. Pintu air ini adalah pintu air yang mengukur masuknya air laut ke daratan. Ada juga pintu air Marina Ancol yang tinggi airnya mencapai 205 cm. Pintu air Marina Ancol ini, berstatus normal jika tinggi airnya berada di bawah 170 cm.

Pintu air Pasar Ikan mencapai ketinggian hingga 199 cm. Pintu air ini berstatus normal jika tinggi airnya berada di bawah 170 cm. Masyarakat sebaiknya lebih waspada terhadap kondisi penaikan status dari normal menjadi siaga.