Persiapan Ban Motor Michelin Pada Pertandingan MotoGP 2019

7

Michelin memberikan bocoran mengenai persiapan pertandingan di laga balap MotoGP San Mario 2019. Ajang balap MotoGP yang ditunggu- tunggu para penggemar akhirnya datang juga usai vakum selama kurang lebih tiga pekan usai gelar terakhir di Negara Inggris.

Tepatnya berada pada Sirkuit Misano yakni sirkuit yang memiliki panjang 10 tikungan ke arah kanan dan 6 ke arah kiri. Serta tak lupa pula dengan memiliki tipikal aspal yang cukup tebal sehingga menimbulkan abrasive kepada ban yang akan digunakan pada MotoGP..

Sirkuit ini akan digunakan pada laga MotoGP pada tanggal 13 sampai 15 September 2019 mendatang menjadikan para peserta turut ikut meminimalisir terjadi hal buruk pada performa mereka. Mengingat juga bahwa pertandingan ini merupakan adu cepat dengan peserta lainnya. Sirkuit yang memiliki panjang 4,226 kilometer ini memiliki gaya sirkuit menantang dan memiliki kendala tersendiri bagi gaya tanding.

Kendala ini juga memberikan Michelin dapat membuat persiapan terhadap kendala ban di area pertandingan sirkuit nanti. Seperti pada penggunaan karakter ban berbeda dengan menggunakan persiapan tipikal ban berbeda daripada yang biasanya ia gunakan. Persiapan yang digunakan adalah menggunakan kompon soft, medium, serta hard disisi ban.

Pada bagian ban di bagian belakang memang dirancang dengan tipe berbeda dari ban lain, yakni menggunakan tipe ban medium dan hard dengan bentuk asimetris di sisi kanan lebih keras. Hal ini berdasar untuk menghadapi jumlah tikungan yang banyak pada pertandingan di Misano nantinya.

Michelin juga menggunakan tipe ban mobil untuk ban basah dengan menggunakan kompon soft dan extra soft bagian sisi ban depan. Penggunaan ban ini juga berbentuk simetris, juga menggunakan tipe ban belakang yakni soft berbentuk asimetris dan medium.

Penggunaan tipe berbeda pada bagian ban ini disebut sebagai upaya untuk membuat pertandingan lebih seru dan tidak mempengaruhi daya saing dari para pemain pertandingan lain. Piero Taramasso selaku dari Direktur Balap Roda Dua Michelin pada hari Selasa 10 September 2019 memberikan tuturan bahwa komponen ban berperan sangat penting pada ajang pertandingan balap MotoGP.

Penggunaan tipe ban ini memberikan kenyamanan pada para peserta sehingga dapat memperoleh hasil maksimal untuk pertandingan yang berlangsung. Balapan pada tahun lalu dinilai Piero sebagai ajang balapan seru karena catatan rekor sangat cepat malah dapat memecahkan rekor terbaru.