Persaingan Antara Game Console, PC dan Smartphone. Manakah yang Terbaik ?

7

Seiring perkembangan teknologi terlebih khususnya adalah Game. Banyak sekali platform-platform yang menyediakan game baik dari game online maupun offline. Platform-platform yang menyediakan game tersebut ada pada PC (Personal Computer), console dan smartphone.

Banyak sekali developper game yang membuat gamenya khusus disalah satu platform. Sehingga, game yang dihasilkan terkesan ekslusif di platform tersebut. Sebelum kita menentukan platform manakah yang terbaik antara ketiga platform ini. Kita harus mengetahui kelebihan dan kelemahan dari ketiga platform ini. Penjelasan tentang ketiga platform sebagai berikut :

1.PC (Personal Computer)

PC atau yang lebih dikenal dengan komputer ini sebenarnya salah satu platform yang sangat baik jika kita menginginkan kualitas gambar yang sangat bagus. Selain kualitas gambar yang sangat bagus ini banyak game-game dari PC ini banyak yang gratis. Maka banyak gamer yang mempunyai lebih banyak game dibandingkan yang lain.

Kemudian, kelemahan dan menggunakan platform ini terletak pada spesifikasi dari PC tersebut. Karena dengan spesifikasi yang rendah maka membuat kualitas gambar yang dihasilkan semakin rendah. Tapi kelemahan ini dapat diselesaikan dengan menambah part-part yang membuat gambarnya semakin bagus seperti VGA. Tapi, harga VGA saat ini sangatlah mahal.

2. Console

Game yang berada di console ini memiliki kelebihan yaitu kita tidak perlu memikirkan spesifikasi dalam memainkan game tersebut. Karena, game-game yang berada di console ini adalah game yang dibuat untuk langsung dapat dimainkan di console. Selain itu, harganya yang relatif lebih murah dibandingkan PC.

Kelemahan yang diperoleh saat kita memakai console adalah harga gamenya sangatlah mahal. Harga game yang sangat mahal ini membuat kita berpikir untuk membelinya.

3. Smartphone

Ada kelebihan yang sangat diunggulkan dari pengguna smartphone yaitu kita dapat memainkan game tersebut dengan tempat dan waktu yang kita inginkan. Fleksibilatas tempat dan waktu inilah membuat para developer game ini mulai menuju platform ini. Selain itu, ada kelemahan yang sangat mendasar dari platform ini yaitu kekurangan kualitas game tersebut baik dari gambar maupun cerita.

Hal ini disebabkan untuk memenuhi fleksibilitas tempat dan waktu itu. Tapi, kelemahan tersebut mulai dapat diselesaikan dengan hadirnya game-game yang memiliki kualitas yang baik.

Itu tadi adalah kelebihan dan kelemahan dari ketiga platform tersebut. Sekarang kembali ke pertanyaan awal. Platform manakan yang terbaik dalam memainkan game tersebut ? Jawabannya adalah TERGANTUNG. Hal ini terjadi karena kebutuhan orang-orang dalam bermain game berbeda-beda. Sehingga, orang-orang akan berbeda dalam bermain game tersebut.

Semoga bermanfaat dan selamat membaca.