Pernah Merasakan Badan Menggigil Tiba-Tiba Saat Tidur? Ini Penyebabnya

24

Pernahkah anda merasa menggigil? Ya, setiap orang pasti pernah merasa menggigil, baik pada saat demam, cuaca dingin dan lain sebagainya. Namun pernahkah anda tiba-tiba menggigil saat tertidur? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai penyebab tubuh tiba-tiba menggigil saat tidur. Tapi sebelumnya simak penjelasan berikut.

Menggigil adalah kondisi dimana terjadinya reaksi terhadap berbagai kondisi tubuh dimana otot mengalami kontraksi berulang-ulang untuk meningkatkan suhu tubuh. Reaksi ini terjadi akibat tubuh mengalami kedinginan atau infeksi.

Umumnya, menggigil terjadi karena kedinginan, atau kondisi tubuh sedang demam. Namun jika kondisi tubuh yang tiba-tiba menggigil tanpa disertai demam maka hal ini bisa disebabkan karena udara yang dingin. Jika menggigil disusul dengan kondisi demam maka menjadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan virus plasmodium atau bakteri yang pada saat tersebut sedang menyerang tubuh anda.

Ada beberapa kondisi yang biasa menyebabkan tubuh menggigil seperti influenza, meningitis, gangguan virus, penyakit malaria, infeksi saluran kemih, demam, radang tenggorokan, pneumonia dan penyakit lainnya.

Nah, bagaimana jika anda pernah merasakan tiba-tiba menggigil saat tertidur? Jika anda pernah merasakannya tentu hal ini sangat mengganggu tidur anda. Lantas jika tidak mengalami penyakit tersebut namun tubuh menggigil terlebih saat tidur apa penyebabnya? Berikut merupakan penyebab badan tiba-tiba menggigil saat tertidur:

  • Gangguan hormon tiroid

Salah satu penyebab badan menggigil saat tertidur adalah gangguan hormon tiroid. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang berperan dalam memproduksi hormon tiroid yang nantinya akan berperan sebagai pusat pengatur metabolisme dalam tubuh. Sehingga jika produksi hormon tiroid rendah maka dapat menyebabkan gangguan sirkulasi darah, degup jantung hingga suhu tubuh sehingga inilah yang menyebabkan tubuh menggigil saat tidur.

  • Sirkulasi darah tidak lancar

Sirkulasi darah yang tidak lancar bisa menyebabkan tubuh menggigil saat tidur. Sirkulasi darah tidak lancar bisa disebabkan oleh berbagai hal. Sirkulasi darah yang tidak lancar juga dapat menyebabkan anda kesemutan dan mati rasa di bagian tertentu.

  • Tubuh terlalu kurus

Seseorang dengan tubuh terlalu kurus akan mudah mengalami menggigil. Tubuh yang terlalu kurus tidak dapat menangkal udara yang terlalu dingin, sehingga sel-sel dalam tubuh tidak mampu menghangatkan tubuhnya. Sementara seseorang bertubuh gemuk memiliki kandungan kalori yang cukup banyak untuk menghalau dingin.

  • Kurang tidur

Bagi anda yang kurang tidur mungkin bisa menjadi penyebab anda tiba-tiba menggigil di tengah malam. Kurang tidur dapat menghambat metabolisme dalam tubuh dan menurunnya suhu dalam tubuh secara drastic.

  • Masa menopause

Masa menopause menjadi salah satu penyebab anda menggigil saat tertidur. Menopause merupakan masa dimana seorang wanita tidak aktif lagi memproduksi sel telur dimana wanita tersebut dalam masa peralihan dari menstruasi menuju masa tidak aktif lagi menstruasi. Kondisi ini menyebabkan tubuh tidak fit dan berakibat menggigil.

Itulah penyebab badan tiba-tiba menggigil saat tidur.