Perlu Nggak Sih, PLN Memberikan Kompensasi Kepada Pelanggannya? Berikut Jawabannya

22

Minggu (04/08/2019) kemarin, hampir seluruh wilayah pulau Jawa dan Bali mengalami pemadaman listrik dalam kurun waktu yang cukup lama sekitar kurang lebih 19 jam. Pemadaman listrik ini terjadi karena adanya gangguan pada transmisi di saluran udara tegangan ekstra di daerah Ungaran dan Pemalang. Akibat hal tersebut, beberapa gardu listrik di sejumlah daerah padam.

Menanggapi hal tersebut, masyarakat banyak yang menyayangkan kinerja PLN yang kurang tanggap menyikapi hal ini karena tidak adanya pemberitahuan terlebih dahulu sebelumnya, sehingga banyak masyarakat yang mengeluhkan dan meminta kompensasi untuk mengganti rugi.

Wah kalau seperti itu, bagaimana tanggapan dari pihak PLN sendiri ya? Pihak PLN sudah memutuskan akan memberikan kompensasi kepada pelanggannya yang kemarin mengalami pemadaman listrik kemarin, PLN akan memberikan potongan harga (diskon) pembayaran listrik di bulan September mendatang kepada pelanggannya yang berjumlah sekitar kurang lebih 22 juta pelanggan.

Kompensasi yang diberikan ini bertujuan sebagai permohonan maaf pihak PLN dalam kurang tanggap menyikapi peristiwa yang kurang mengenakkan beberapa hari lalu. Selain itu, kompensasi yang diberikan bertujuan untuk memberikan ganti rugi atas beberapa pelanggan yang membuka usaha dan semuanya bergantung pada listrik.

Adapun kompensasi yang diberikan PLN kepada pelanggan sebesar Rp. 839 miliar dengan rincian untuk pelanggan yang bersubsidi mendapat potongan 20% dan yang untuk pelanggan yang non-subsidi diberikan diskon sebesar 35%. Potongan harga itu bisa didapatkan di bulan september mendatang.

Nah, kira-kira bagaimana tanggapan masyarakat ya setelah mendengar kabar kompensasi yang diberikan? Sebagian masyarakat ada yang menyambut baik kompensasi yang diberikan oleh pihak PLN, karena menurut mereka itu adalah hal yang seharusnya dilakukan sebagai bukti rasa tanggung jawab kepada pelanggannya. Mengingat banyaknya kerugian yang dihasilkan, misalnya saja konveksi pakaian yang pengerjaannya tidak tepat waktu, produksi barang yang terhenti, dan masih banyak lagi.

Namun, beberapa warganet sendiri ada yang mengatakan PLN tidak perlu memberikan kompensasi, karena hal tersebut di luar dugaan dari para teknisi. Lagi pula dengan pemadaman listrik beberapa hal positif muncul di sekeliling kita, seperti interaksi sosial yang jarang dilakukan oleh sebagian orang dan berkurangnya polusi kendaraan dan limbah yang dihasilkan pabrik dan industri

Nah, kalau kamu sendiri menjadi orang yang pro atau yang kontra atas kompensasi yang harus diberikan PLN? Semoga bermanfaat.