Perhatikan, Ini Dia 3 Ciri Tanda Aki Mobil Soak

24

Aki Mobil Soak – Hal ini secara tidak sadar bisa dialami oleh siapa saja, bahkan bisa dialami kapan pun terlebih bila memang aki jarang diberikan perawatan secara berkala. Ketika keadaan aki dalam kondisi yang kurang baik, jelas hal tersebut bisa menjadi masalah besar nantinya.

Hal tersebut bisa menjadi masalah besar karena akan kesulitan ketika ingin menghidupkan mobil. Jelas bila aki sudah dalam kondisi yang kurang baik, maka untuk menghidupkannya dengan cara di dorong. Mendorong mobil bila dengan jumlah orang yang banyak pasti mudah dilakukan, terlebih juga bila mobil yang didorong dengan ukuran yang kecil.

Tetapi hal tersebut berbeda bila tidak ada orang lain, atau dengan ukuran mobil yang cukup besar. Jelas tidak akan memungkinkan untuk mendorong mobil sampai bisa hidup. Pada dasarnya kerusakan aki bisa ditandai dengan terjadinya beberapa hal. Hanya saja hal tersebut kadang tidak disadari oleh pemilik mobil

Berikut ini ciri-ciri aki mobil soak yang harus diketahui guna memberikan penanganan yang lebih baik nantinya pada aki tersebut.

  • Mesin tidak menyala ketika dihidupkan

Hal pertama yang terkadang menjadi pertanda bila aki mobil soak yakni sulitnya menyalakan mobil saat pertama kali. Biasanya ditandai juga dengan bunyi sendat dalam artian bunyi mobil ketika dihidupkan tidak seperti biasanya.

Ketika mengalami hal seperti ini, bisa saja menjadi pertanda bila aki mobil mulai soak. Ada baiknya segera memeriksa aki mobil. Bila memang tidak bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri, maka cukup memanggil tenaga teknisi andal agar bisa mengecek aki dengan benar.

  • Tercium bau menyengat pada saat mobil menyala

Bau yang menyengat dialami ketika mobil hidup pada dasarnya bukan hanya menandakan ada korsleting pada kabel. Namun hal tersebut bisa menandakan bahwa aki mobil dalam kondisi yang kurang normal, dalam artian mengalami soak. Bila mengalami hal seperti ini, segera periksa aki mobil agar tidak menimbulkan hal lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan lebih parah. Bahkan bisa membuat komponen lainnya juga ikut bermasalah.

  • Air aki mobil terlihat keruh

Hal lain yang menjadi pertanda bila aki mobil soak yakni dengan warna air aki yang mulai keruh. Kedaan seperti ini jelas mempengaruhi kualitas atau fungsi aki. Secara otomatis bisa membuat kinerja aki kurang maksimal. Bila sudah terjadi hal demikian, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan. Atau bisa mengganti air aki dengan kondisi yang baru guna mengembalikan fungsi aki pada posisi awal.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan seperti di atas. Pada dasarnya masih banyak lagi pertanda aki mobil soak. Hanya saja beberapa hal yang sudah disebutkan sering terjadi dan dialami oleh beberapa pemilik kendaraan roda empat.