Perhatikan 4 Cara Merawat Mobil Bensin Berikut Biar Lebih Awet

117

Jaman sekarang, mobil menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga yang wajib ada untuk transportasi darat. Apalagi jika penumpangnya cukup banyak sekitar 3 sampai 5 orang dan barang bawaan yang berat. Masalahnya, masyarakat sering kali abai terhadap perawatan mobil terutama mobil dengan bahan bakar bensin.

Ketahuilah, jenis mobil ini sangat mudah dijangkau masyarakat dengan harga yang terbilang murah. Namun, jika perawatan mobil diabaikan, usianya pun tak akan bertahan lama. Biar lebih awet, perhatikan cara merawat mobil besin berikut ini!

  1. Gunakan Jenis Bensin yang Sesuai dengan Mobil

Bagi pengguna kendaraan bermotor, tentu sangat paham dengan beragam jenis bahan bakar yang tersedia di pasaran. Nah, untuk memenuhi kebutuhan bensin untuk mobilmu, pastikan kamu membeli jenis bensin yang sesuai. Jika perlu, carilah bensin dengan kualitas paling bagus. Dengan demikian, dijamin mobilmu akan bertahan cukup lama. Sebaliknya, jika bensin yang kamu pilih murah, mesin mobil akan mudah rapuh dan tidak awet.

2. Gunakan Oli yang Sesuai dengan Tipe Mobil

Bensin memang kebutuhan utama mobil yang wajib ada. Namun, bukan hanya bensin, saat mengendarai mobil, oli juga perlu diperhatikan. Apalagi sekarang telah bermunculan brand oli terbaru dengan menawarkan berbagai keunggulan. Terlepas dari merek oli mobil yang tersedia, pilihlah jenis oli yang sesuai dengan spesifikasi mobilmu.

Disarankan kualitas oli terjamin dengan standar yang telah menasional. Oli memiliki peranan penting bagi mobil sebagai pelumas agar mesin mampu berjalan mulus tanpa adanya gangguan. Pastikan pula, pengganjian oli juga teratur ya!

3. Parkir di Tempat yang Teduh

Cara merawat mobil besin lainnya supaya lebih awet adalah perhatikan tempat parkir yang kamu pilih. Memang pada dasarnya tempat parkir sangat luas, namun tidak menjamin teduh dan nyaman. Namun, ketahuilah akibat dari mobil yang diparkir di tempat yang panas akan mempengaruhi bagian eksterior maupun interior mobil.

Paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama tentu akan merusak cat sehingga terlihat lebih kusam. Selain itu, bagian wiper dan bagian lain yang terbuat dari karet akan tidak elastis lagi.

4. Perawatan Aki

Cara merawat mobil besin yang tak kalah pentingnya adalah pahami waktu penggantian akinya. Aki sangat penting keberadaannya untuk memperlancar aliran listrik. Apabila tanggal penggantiannya diabaikan, jangan kaget apabila sewaktu-waktu mesin mobilmu mogok dan tidak mau dinyalakan. Selain itu, usahakan selalu membersihkan aki dari korosi. Apabila dibiarkan aki juga akan mudah aus dan rusak.

Nah, itulah 4 cara merawat mobil besin yang perlu kamu perhatikan supaya usianya lebih awet. Apabila kamu enggan dan tidak mampu melakukannya, usahakan untuk rutin membawa mobilmu ke tempat servis terpercaya. Dengan demikian, meesin mobilmu akan terpantau kondisinya.