Pergerakan Harga Emas: Berpotensi Melemah

11

Pergerakan harga emas dipengaruhi banyak hal. Salah satunya dipengaruhi oleh adanya perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina, proses keluarnya negara Inggris dari Uni Eropa, dan lainnya. Sentimen rilis data dalam penjualan ritel di Amerika Serikat rupanya juga membawa pengaruh pada pergerakan harga emas, naik turunnya harga emas.

Ibrahim Assuaibi selaku direktur utama Garuda berjangka juga sebagai analis pergerakan harga emas memberikan komentar akan hal ini. Ia menilai bahwa emas hari ini (Jumat, 18 Oktober 2019) cenderung melemah di pasar internasional. Belum adanya sentimen baru untuk meningkatkan harga emas juga dikatakan olehnya sebagai sebab melemahnya emas.

Assuaibi menyatakan bahwa harga emas sekarang berada dalam kisaran 1476 sampai 1510 dolar Amerika tiap troy ons nya. Kembali ia sebutkan bahwa menurunnya harga emas hari ini dikarenakan faktor sentimen data pada penjualan ritel di Amerika. Penjualan ritel di negara tersebut turun sebanyak 0,3 persen yang mana membuat ketidakpastian pesat bagi para pelaku pasar.

Tak hanya menurut Assuibi saja, adanya survei juga membenarkan pendapatnya. Hasil survei menyatakan bahwa faktor berdasarkan sentimen rilis ini menguat karena adanya eksistensi The Federal Reserve sebagai bank sentral milik Amerika. Assuibi menyebut bahwa kebijakan Fed di akhir bulan membuat para investor menilai adanya peluang sebesar 88 an persen dari adanya pengurangan poin basis.

Setelah mengetahui kabar dari analis dan survei terkait faktor yang membuat melemahnya harga emas, perlu diketahui juga harga-harga emas yang sudah mulai berlaku per 18 Oktober 2019 ini. Dengan demikian, bagi Anda yang memiliki emas sebaiknya jangan menjual emas terlebih dahulu untuk saat ini.

Harga emas batang dari PT Antam Tbk saat ini adalah 758 ribu rupiah setiap gramnya yang mana tetap stagnan pada kemarin (Kamis, 17 Oktober 2019). Sedangkan untuk pembelian kembali atau buyback naik sebesar 0,1 persen atau sebesar seribu rupiah menjadi 680 ribu rupiah yang mana sebelumnya sebesar 679 ribu rupiah.

Adapun harga-harga emas batang dengan berat lainnya adalah sebagai berikut. Dijual dengan harga 403,5 ribu rupiah untuk setengah gram, 1,46 juta rupiah untuk dua gram, 2,17 juta rupiah untuk tiga gram, 3,61 juta rupiah untuk berat 5 gram.

Berat lain seperti 100 gram emas batang dihargai sebesar 70,9 juta rupiah, 50 gram sebesar 35,48 juta rupiah, 25 gram sebesar 17,78 juta rupiah, dan satu kilogram dihargai 711 an juta rupiah.