Perdana Menteri Australia Ragu Indonesia Klaim Bebas Corona

19

Jakarta, 29 Februari 2020 – Scott Morrison yang saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri Australia ragu akan adanya klaim Indonesia sudah terbebas dari virus corona. Hal ini kemudian ditanggapi oleh Azis Syamsudin  selaku Wakil Ketua DPR Republik Indonesia. Azis mengklaim bahwa hingga saat ini Indonesia telah berusaha dengan cara terbaik dalam pencegahan menyebarnya virus corona.

Azis juga sudah mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan di Indonesia sudah memenuhi standar nasional. Sehingga pernyataan Indonesia terbebas dari corona bukan berita yang dibuat sembarangan tanpa berdasarkan fakta. Hal ini sesuai yang diungkapkan oleh Azis di Pontianak setelah Pembukaan Musyawarah Daerah Partai Golongan Karya. Azis menyebutkan menurut dia prosedur yang dilakukan oleh pemerintah sudah sesuai dengan prosedur standar WHO.

Meskipun demikian terkait pernyataan Morrison, Azis mengungkapkan kritik dari Morrison tidak diremehkan oleh Indonesia. Sebaliknya Indonesia menghargai dan menerima masukan dari semua pihak terkait upaya penanganan dan pencegahan virus corona yang dilakukan Indonesia. Morrison juga menyampaikan bahwa kritik dari Morrison akan dibicarakan kembali dalam rapat parlemen untuk membahas kebijakan yang akan dilakukan berikutnya.

Morrison meragukan pernyataan Indonesia bebas corona karena negara Indonesia bukan negara yang kecil. Sehingga tidak semudah itu mengungkapkan bahwa Indonesia sudah bebas dari penyebaran virus corona. Luas wilayah yang di miliki oleh negara Indonesia ini yang mejadikan Morisson menganggap tidak mungkin Indonesia bebas dari serangan virus corona.

Morrison juga mengungkapkan bahwa sistem kesehatan yang dimiliki negara Indonesia berbeda dengan sistem kesehatan yang ada di Australia. Sehingga negara Australia  tidak semudah itu menjamin wilayahnya terbebas dari virus corona.

Bahkan hingga kemarin, tercatat virus corona sudah memiliki sebanyak 23 kasus di Australia. Sedangkan di Indonesia belum ada berita terjadinya kasus virus corona hingga hari ini. Jadi pernyataan bahwa Indonesia terbebas dari kasus virus corona bukan hal yang dikarang semata-mata hanya untuk formalitas. Tetapi jika dibandingkan dengan negara Australia, maka perbedaan Indonesia dengan Australia bisa dilihat dari seberapa banyak kasus yang terjadi.

DPR menanggapi masukan dari Morrison dengan baik, tidak ada kata-kata marah atau hal lainnya. Sebaliknya dalam menanggapi kritik dari Morrison, Azis akan membicarakan masalah ini  dengan anggota yang lain dalam rapat parlemen yang akan datang. Selain itu, dalam rapat itu juga akan dibahas kebijakan apa untuk dilakukan berikutnya. Meskipun begitu, kritikan yang diberikan oleh Morrison bukan hal yang salah, sebab Morrison menilai dari luasnya wilayah Indonesia.