4 Cara Perawatan Mobil Diatas 10 Tahun

12

Melakukan perawatan pada kendaraan roda empat yang sudah tua bukan tanpa alasan, melainkan dengan tujuan untuk mendapatkan performa tetap maksimal setiap waktu. Perawatan mobil bukan hanya dilakukan pada jenis mobil tua saja, namun perlu dilakukan juga pada semua jenis mobil termasuk mobil baru. Apalagi jika ingin menginginkan performa maksimal juga dalam jangka waktu lama.

Hanya saja perawatan mobil tua sedikit berbeda bila dibandingkan dengan mobil baru. Akan ada perawatan ekstra yang harus dilakukan, terlebih lagi bila ingin membuat kinerja mesin mobil tersebut tidak mengalami masalah.

Bagi anda yang saat ini memiliki mobil tua, berikut ini akan dijelaskan cara melakukan perawatan pada mobil di atas 10 tahun. Perawatan yang dimaksud yakni sebagai berikut ini:

  • Selalu cek kondisi mesin

Mesin memang merupakan komponen utama dalam kendaraan, termasuk juga kendaraan roda empat yakni mobil. Bila memang mobil yang dimiliki masih dalam kondisi baru, mungkin perawatan mesin bisa dilakukan lebih sedikit. Tetapi hal tersebut tidak bisa dilakukan pada mobil tua. Diharuskan merawat mesin secara berkala. Baik itu mengganti komponen yang rusak atau memperbarui komponen yang sudah mulai kurang maksimal dalam kinerjanya.

  • Sesuaikan oli yang digunakan

Pada mobil tua, jelas oli yang digunakan sedikit berbeda dengan oli pada mesin baru. Ada baiknya menggunakan kualitas oli terbaik guna membuat kinerja semua komponen lebih baik. Biasanya mobil tua sedikit sulit melakukan kinerja maksimal bila memang oli yang digunakan tidak sesuai. Maka dari itu perhatikan oli yang digunakan pada mobil tua tersebut.

  • Berikan perawatan pada semua kabel

Sudah tidak bisa di pungkiri lagi bila mobil tua akan mengalami penurunan kualitas pada semua kabel. Kadang kala kabel yang ada pada mesin mobil tersebut sudah mengalami keropos, maka dari itu ada baiknya anda mengganti kabel yang terlihat sudah keropos. Terlebih bila ingin membuat kabel bisa mengalirkan listrik dengan sempurna.

  • Cek velg dan ban mobil

Velg dan ban mobil dengan kualitas terbaik bila memang terus digunakan, terlebih dalam jangka di atas 10 tahun, tentunya akan mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi bisa saja penurunan kekuatan dan lainnya. Demi tidak menimbulkan efek negatif lebih parah lagi, ada baiknya anda mengganti velg maupun ban bila memang sudah terlihat tidak baik lagi kondisinya.

Pada dasarnya masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk merawat mobil dengan usia 10 tahun ke atas. Untuk lebih lengkapnya nanti akan dibuat artikel berbeda. Maka dari itu terus mengikuti website ini bila memang ingin mendapatkan update artikel terbaru setiap harinya.

Semoga pembahasan yang sudah disampaikan pada artikel ini juga bisa memberikan anda pemahaman lebih baik lagi nantinya. Terlebih untuk merawat mobil 10 tahun di atas lebih tua.