Penyerahan Gelar Doktor Honoris Causa ITB Kepada Hatta Rajasa

10

 

Hatta Rajasa diberi gelar Doktor Honoris Causa dari ITB (Institut Teknologi Bandung).  Prof. Dr. B Kombaitan sebagai ketua tim promotor gelar Doktor kehormatan Hatta Rajasa menyebutkan ada 4 bidang kontribusi.

Bidang pertama dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, teknologi, ilmu sosial, kemanusiaan dan kemasyarakatan serta budaya. Selanjutnya bidang kedua menyangkut kontribusi untuk mengembangkan pendidikan serta pengajaran dalam satu atau sekelompok bidang ilmu teknologi, pengetahuan, ilmu sosial, ilmu seni, ilmu budaya hingga kemanusiaan kemasyarakatan.

Sedangkan yang ketiga, tentang kontribusi untuk memajukan, mensejahterakan dan memakmurkan bangsa Indonesia. Sedangkan yang terakhir menyangkut kontribusi untuk mengembangkan hubungan yang baik antara bangsa dan negara Indonesia dengan negara yang lainnya dalam berbagai bidang ilmu teknologi, ilmu pengetahuan, seni, budaya, ilmu sosial, kemanusiaan dan kemasyarakatan.

Dilihat dari 4 segi atau 4 bidang inilah serta berbagai jejak pencapaian yang diperoleh Hatta Rajasa, sehingga Kombaitan selaku pihaknya, menurut mereka  Hatta Rajasa layak diberi penghargaan dan penghormatan berupa gelar Doktor Kehormatan dari ITB.

Berikut nama tim yang ikut berkontribusi sebagai promotor Hatta Rajasa diantaranya Prof. hermawan Kresno Dipojono, PH.D., Prof. Dr. B. Kombaitan, M.Sc. Prof. Ir Doddy Abdassah dan Prof. Freddy Permana Zen, M.Sc. Yang diberikan kepada Hatta Rajasa ialah gelar ke-13 Doktor Kehormatan sebagai bentuk penganugerahan ITB.

Hatta Rajasa sebagai alumni ITB angkatan 1973 pernah menjabat sebagai menteri selama dua periode kepresidenan SBY, jabatannya saat itu sebagai Menteri Perhubungan periode 2004-2007 dan Mensesneg periode 2007-2009. Kemudian sebagai Menko Perekonomian 2009-2014. Selain itu, selama kepresidenan Megawati, Hatta Rajasa juga pernah  berperan sebagai Menristek 2001-2004.

Jika dilihat dari sisi pribadi, mantan Ketua umum PAN yakni Hatta Rajasa saat ini besan dari SBY. Karena Edhi Baskoro yang merupakan putra SBY menikah dengan putri Hatta Rajasa yang bernama Aliya pada tahun 2011 lalu.

Bukan SBY saja yang hadir pada gelar sidang penyerahan Doktor Causa tersebut, tetapi juga dihadiri oleh rekan-rekan Hatta Rajasa dari Kabinet Gotong Royong sampai Kabinet Indonesia Bersatu II. Pemberian gelar Doktor sebagai bentuk kehormatan sekaligus hal yang membanggakan bagi Hatta Rajasa dan keluarganya. Apalagi tak semua orang mendapat gelar Doktor kehormatan ITB.