Penyebab Tubuh Menggigil Saat Maghrib

55

Setiap orang pasti pernah merasakan menggigil baik pada saat demam, suhu udara dingin dan lain sebagainya. Namun pernah kah anda tiba-tiba menggigil saat maghrib atau menjelang malam? Mungkin sebagian dari anda pernah merasakannya.

Untuk itu, Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai penyebab tubuh tiba-tiba menggigil saat maghrib. Namun sebelum membahas lebih lanjut mari simak penjelasan berikut.

Menggigil merupakan kondisi dimana adanya reaksi terhadap kondisi tubuh dimana otot tubuh mengalami kontraksi secara berulang-ulang untuk meningkatkan suhu tubuh. Reaksi ini umumnya terjadi akibat tubuh kedinginan atau infeksi tertentu.

Pada umumnya, menggigil biasa terjadi karena kedinginan, atau kondisi tubuh sedang tidak fit atau demam. Jika rasa menggigil anda kemudian disusul dengan kondisi demam maka hal ini menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang melawan virus plasmodium atau bakteri yang pada saat tersebut sedang menyerang tubuh anda.

Beberapa kondisi biasa menyebabkan tubuh menggigil seperti influenza, meningitis, gangguan virus, penyakit malaria, infeksi saluran kemih, demam, radang tenggorokan, pneumonia dan penyakit lainnya. Lantas apa penyebab tubuh menggigil saat maghrib? Berikut penjelasannya.

Menurut ahli kesehatan, umumnya pada hari menjelang sore cuaca akan terasa lebih dingin dibandingkan siang hari, terlebih bagi orang yang bertubuh terlalu kurus. Pada orang yang terlalu kurus maka akan mudah kedinginan karena tubuhnya tidak dapat menangkal udara yang terlalu dingin. Hal ini menjadikan seseorang tersebut tidak mampu menghangatkan tubuhnya.

Berbeda dengan orang bertubuh gemuk, orang bertubuh gemuk umumnya akan mudah untuk menangkal udara dingin karena memiliki kandungan kalori yang cukup banyak dalam tubuhnya sehingga dapat menghalau udara dingin yang masuk kedalam tubuh mereka.

Hal ini menyebabkan tubuh anda merasa kedinginan yang kemungkinan bisa disertai dengan rasa menggigil. Jika kedinginan tidak disertai demam maka dapat disimpulkan bahwa menggigil saat maghrib disebabkan oleh udara lingkungan yang dingin, dan hal ini dianggap normal.

Menggigil merupakan mekanisme tubuh untuk menghasilkan panas melalui reaksi kontraksi otot secara berulang-ulang. Menggigil juga bisa menjadi salah satu awal anda terjadi infeksi virus dan bakteri. Menggigil saat maghrib juga bisa disebabkan karena adanya gangguan metabolisme dalam tubuh seperti hipotiroid.

Untuk menghin dari terjadinya rasa menggigil saat petang ada perlu melakukan hal-hal sebagaiberikut:

  • Memperbanyak istirahat
  • Jika menggigil disertai demam makan dan bisa mengkonsumsi parasetamol, tentunya dengan resep dokter
  • Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Memperbanyak konsumsi air putih min 8-10 gelas per hari

Itulah penyebab tubuh dapat menggigil saat maghrib atau petang. Hendaknya anda perhatikan gaya hidup dan pola makan anda agar terhindar dari berbagai penyakit yang menyebabkan tubuh anda menggigil. Semoga bemanfaat.