Pentingnya Mengetahui Kelemahan Mobil Matic Tua

115

Alat transportasi kekinian seperti mobil saat ini telah memenuhi seluruh jalanan di Indonesia. Pada saat jalanan padat dan macet, kita bisa melihat dan mengidentifikasi satu per-satu dari berbagai jenis mobil yang dikendarai oleh masyarakat.

Namun, bagaimana jika anda mendapati mobil matic tersebut sudah tua, atau anda sedang menginginkan mobil matic dengan harga murah karena usianya yang sudah tua? Pasti terdapat kelemahan mobil matic tua yang membuat anda cemas untuk mempertahankan mobil matic yang sudah tua tersebut.

Kelemahan Mobil Matic Tua

Mobil matic memiliki transmisi yang berbeda dengan mobil manual. Penting bagi anda untuk mengetahui transmisi mobil sebelum memutuskan mobil pilihan anda. Mobil matic memiliki transmisi otomatis yang lebih memudahkan anda mengendarainya, namun bahan bakar mobil dengan transmisi otomatis lebih boros ketimbang bahan bakar mobil dengan transmisi manual.

Mobil matic yang baru dirilis dapat dipasang dengan harga yang sangat mahal, bahkan lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Namun, saat mobil matic berusia cukup tua, harganya pun menurun, bahkan bisa jadi lebih murah dengan mobil manual. Hal itu disebabkan beberapa kelemahan mobil matic tua yang membuat kebanyakan orang berpikir dua kali untukberusaha mempertahankannya atau justru melepasnya. Berikut beberapa kelemahan mobil matic tua yang meresahkan beberapa orang:

  • Transmisi Bermasalah Susah Diperbaiki

Sistem transisi otomatis yang dimiliki mobil matic seringkali mengalami permasalahan karena perpindahan gigi yang otomatis tanpa digerakkan pengemudi. Mobil matic tua seringkali memiliki permasalahan pada sistem transmisi. Jika terjadi masalah pada sistem transmisi, maka mobil matic sangat susah diperbaiki. Perbaikannya akan sangat rumit sehingga perawatan pada mobil ini sangat diperlukan.

  • Biaya Perawatan Mahal

Sistem yang sangat rumit pada mobil matic membuat perawatan yang harus ditempuh juga melalui proses yangrumit. Apalagi jika mobil matic sudah tua sehingga memerlukan perawatan danbiata ekstra. Sedangkan teknisi pada bengkel-bengkel otomotif yang menguasai proses menangani mobil matic masih sedikit sehingga perawatannya pun harus dengan biaya mahal.

  • Rentan Mengalami Kerusakan

Mobil matic yang sudah tua sangat rentan untuk mengalami berbagai permasalahan. Seperti beberapa yang telah disebutkan di atas. Part di dalam mobil matic yang sudah tua akan mengalami aus dan hal tersebut berakibat pada berbagai permasalahan sistem permesinan mobil matic. Jika Anda memiliki mobil matic yang sudah tua Anda harus bersiap merawatnya dengan harga mahal atau jusru merelakannya dengan harga murah.

Mobil memiliki usia yang tidak dapat bertahan lama dan harus selalu siap untuk digantikan dengan yang baru, khususnya mobil matic. Mobil matic memang menjadi primadona di jalan raya, apalagi saat mobil matic tersebut masih sangat baru.