Pentingkah Asupan Gizi Bagi Atlet?

12

Seperti yang kita ketahui bahwa di tahun 2018 silam, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara yaitu Asian Games. Di ajang olahraga yang sangat besar ini, berbagai cabang olahraga dipertandingkan dan diikuti oleh hampir 11 ribu atlet se-Asia Tenggara.

Tiap Negara yang mengirimkan atlet dalam pertandingan, pasti memiliki tim sport science. Sport science merupakan kumpulan disiplin ilmu dari berbagai profesi dan salah satunya yang berperan adalah ahli gizi lho. Mengapa dukungan dari ahli gizi itu penting? Mari kita bahas.

Di setiap bahan makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gizi yang beragam. Makanan yang bergizi dan dikonsumsi dapat menentukan status gizi serta tingkat kesehatan seseorang.

Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang bergizi, dapat dipastikan kesehatan seseorang tersebut berada dalam keadaan yang baik atau optimum. Begitu pentingnya gizi bagi tubuh setiap orang, apalagi bagi seorang atlet. Atlet memiliki aktivitas fisik yang lebih berat dibandingkan dengan seseorang yang bukan atlet.

Oleh karena itu, asupan makanan yang bergizi harus diperhatikan untuk mendukung performa sehingga tidak mudah lelah.

Selain itu asupan gizi yang baik juga mendukung proses pertumbuhan bagi atlet, melihat bahwa mayoritas atlet yang mengikuti ajang olarhraga ini berusia 17 tahun bahkan yang termuda berusia 9 tahun dan dikatakan masih remaja.

Jangan sampai aktivitas fisik yang berlebih yang tidak didukung dengan asupan gizi yang mencukupi mengakibatkan pertumbuhan atlet terganggu.

Pentingnya peran ahli gizi bagi seorang atlet salah satunya adalah untuk menyarankan pemilihan bahan makanan yang tepat. Pemilihan bahan yang tepat didasarkan pada keadaan fisiologis, latar belakang dan kebutuhan yang berbeda pada setiap atlet cabang olahraga tertentu.

Asupan gizi yang direncanakan oleh ahli gizi pendamping atlet harus benar-benar dihitung jumlah kalori dan kadar nutrisinya.

Selain itu ahli gizi juga harus menghindari pemilihan bahan makanan yang dapat menimbulkan alergi serta makanan yang dapat merangsang pencernaan, karena dapat mengganggu saat berjalannya pertandingan. Tidak asyik bukan ketika seorang atlet sedang bertanding tetapi malah diare?

Nah, itulah pentingnya asupan gizi bagi seorang atlet. Tidak hanya untuk mendukung performa dan pertumbuhan, melainkan juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika pertandingan yang disebabkan oleh makanan yang kurang tepat diberikan.