Penting! Kenali 5 Tanda Mobil Harus Ganti Busi Berikut Ini!

5


Busi merupakan komponen kendaraan yang sangat penting karena menghasilkan arus listrik. Hal ini terjadi karena busi memicu terjadinya proses pembakaran di dalam mesin untuk menghasilkan listrik, sehingga piston akan bekerja. Semua suku cadang kendaraan mempunyai masa tertentu dan harus diganti, begitu juga dengan busi.

Busi pada mobil akan diganti jika menempuh jarak 60-80 ribu kilometer. Tidak hanya bergantung pada jarak, tapi pada kondisi kendaraan juga mempengaruhi busi. Berikut ini tanda mobil yang harus ganti busi.

1. Boros Bahan Bakar

Saat busi berwarna agak gelap, maka efisiensi pembakaran pada mesin mobil akan tidak maksimal, hal ini membuat proses pemborosan pembakaran bahan bakar pada mobil. Hal ini juga membuat mobil membuat pemanasan berlebih pada mesin mobil. Segera lakukan pengecekan pada bagian pendingin mobil.

2. Kurang Responsif

Tanda lain ketika harus berganti busi yaitu tarikan mobil terasa kurang responsif. Akselerasi mobil akan terganggu dan kurang maksimal disaat busi bermasalah. Dan jika tuas gas diinjak agak penuh meskipun ingin melaju kencang, tetap akan terasa agak kurang responsif. Hal ini perlu dibawa ke bengkel resmi mobil tersebut.

3. Mesin Terasa Sangat Bergetar dan Bersuara Kasar

Jika suara mesin kasar saat dinyalakan dengan posisi mobil diam. Ketika deck depan mobil dibuka maka akan sangat terasa bergetar mesinnya saat dinyalakan padahal posisi mobil diam. Saat tuas gas diinjak mobil pun juga terasa berat untuk melaju. Hal itu bisa disebabkan ada kerusakan pada busi, dan harus ganti busi dengan busi baru.

4. Warna Busi Mulai Gelap

Busi yang baik akan terjadi pembakaran yang sempurna. Jika mobil intens digunakan setiap harinya, kondisi busi pun akan menurun terutama pada busi. Jika busi berwarna hitam dan agak gelap pada ujung busi.

Hal ini mengakibatkan asap mobil juga berwarna hitam. Bahkan akan sulit juga untuk menyalakan mobil. Kondisi busi yang agak hitam akan mengurangi proses pembakaran pada mesin atau kendaraan akan lebih boros.

5. Sulit Untuk Distarter

Busi mampu menghasilkan percikan api untuk menghasilkan listrik pada mesin mobil, karena itu busi mempunyai peranan yang penting untuk mobil. Jika busi sulit untuk memberi pecikan api itu membuat pasokan tenaga ke mesin tidak stabil, bahkan akan sering mogok.

Jika mobil sulit untuk distarter kemungkinan ada masalah dengan busi, kabel busi atau pada acu mobil juga perlu diperiksa. Mobil ibarat teman sehari – hari karena berjasa mengantarkan kita kemanapun  baik untuk hal pekerjaan maupun keluarga.

Perawatan mobil pun harus rutin dilakukan untuk mengetahui kondisi mobil secara maksimal. Repot juga jika mobil tiba – tiba mogok di perjalanan sedangkan ada keperluan yang penting.