Penting! Inilah 5 Tips Jitu Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita di Masa Kehamilan

117
Sumber foto : alodokter.com

Sakit pinggang kerap menghantui siapa saja yang bekerja dengan membebankan pada pinggang. Sakit pinggang sebelah kanan yang dialami oleh wanita, umumnya sering terjadi pada wanita yang sedang hamil.

Sakit pinggang sebelah kanan pada wanita disebabkan adanya beban yang memberatkan pinggang sebelah kanan. Sehingga yang terjadi adalah timbulnya rasa nyeri akibat tulang belakang sebelah kanan terlalu menahan beban yang berat. Pada masa awal kehamilan sakit pinggang sebelah kanan sering kali dirasakan oleh wanita.

Akan tetapi rasa sakit pinggang sebelah kanan biasanya berkaitan dengan penempelan calon janin pada dinding rahim. Penyebab lainnya yang menyebabkan seorang wanita yang hamil mengalami sakit pinggang sebelah kanan adalah adanya pelepasan hormon tubuh yang mengakibatkan peregangan pada ligamen di antara tulang panggul.

Untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Memperhatikan Posisi Tubuh

Ketika Anda tengah hamil muda tentunya Anda akan merasakan rasa nyeri pada pinggang akibat dari adanya penempelan calon janin pada dinding rahim. Oleh karena itu, untuk menghindari sakit pinggang sebelah kanan Anda harus memperhatikan posisi tubuh.

Pada saat berdiri, membungkuk, atau dalam tidur pastikan posisi tubuh Anda dalam keadaan yang benar. Hal tersebut sangat penting diperhatikan karena jika diabaikan akan membahayakan.

  1. Olahraga Ringan yang Dapat Menguatkan Pinggang

Pada saat masa kehamilan berat badan Anda tentu akan bertambah yang membuat beban tulang belakang menjadi lebih besar. Hal tersebut apabila tidak diatasi segera, maka akan mengakibatkan rasa sakit pada pinggang.

Untuk mengatasi rasa sakit pinggang sebelah kanan Anda dapat melakukan olahraga ringan yang fokus pada kekuatan pinggang, seperti pilates, yoga, dan berenang.

  1. Melakukan Pemijatan

Apabila Anda malas untuk melakukan olahraga ringan mungkin Anda dapat mencoba untuk melakukan pemijatan. Pemijatan adalah salah satu cara untuk meredakan rasa nyeri di pinggang.

Melakukan pemijatan pada sakit pinggang yang dialami oleh wanita hamil memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Pemijatan harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam pemijatan agar tidak terjadi salah urat yang akan membuat parah rasa sakit.

  1. Perbanyak Minum Air Mineral

Air Mineral memang mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menyembuhkan rasa sakit pinggang. Air mineral memberikan nutrisi pada tulang yang dapat membuat tulang menjadi kuat.

Air mineral juga dapat meningkatkan kinerja saraf otot dan sekresi hormon. Kandungan magnesium dalam air mineral dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Oleh karena itu, dengan banyak minum air mineral dapat memberikan kekuatan tulang.

  1. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan sangatlah penting karena apa yang kita makan nantinya akan mempengaruhi tubuh kita. Saat masa kehamilan, disarankan untuk memakan makanan yang mengandung gizi yang baik, seperti asupan kalsium yang cukup.

Pada dasarnya, sakit pinggang sebelah kanan pada wanita disebabkan karena adanya kesalahan posisi tubuh dalam menahan suatu beban. Apalagi seorang wanita yang sedang hamil, pastinya menahan beban kandungan. Oleh karena itu,  posisi tubuh menjadi suatu hal penting yang harus diperhatikan.