Pensiun, Berikut Daftar Prestasi Liliyana Natsir yang Membuat Indonesia Bangga!

15

Siapa sih yang tidak kenal dengan Liliyana Natsir?

Sosok pebulu tangkis ganda campuran yang berpasangan dengan Tantowi ini menjadi legenda yang tidak jarang mengharumkan nama Indonesia. Meskipun sudah memiliki rencana pensiun, tentunya kalian harus tahu deretan prestasi yang sudah diraihnya. Inilah berbagai kemenangannya yang membanggakan selama karirnya sebagai pemain bulu tangkis:

Liliyana Natsir (Sumber: Dok. Djarum)

1. Sea Games

Ajang pesta olahraga se-Asia tenggara atau Sea Games menjadi pembuktian kualitas permainan wanita yang kerap dipanggil Butet ini. Tidak hanya sekali, ia pernah mencicipi medali emas sebanyak empat kali yaitu pada tahun 2005, 2007, 2009, dan 2011. Bahkan pada tahun 2007 ia memperoleh dua emas sekaligus yaitu pada kategori ganda puteri dan beregu puteri.

Namun nyatanya ia tidak langsung memperoleh emas ketika terjun di Sea Games. Pada tahun 2003, pencapaiannya baru medali perak untuk ganda puteri dan medali perunggu untuk beregu puteri. Hal ini membuktikan bahwa kerja keras, selalu bersemangat, dan sikap tidak mudah puas harus ditiru untuk mendapat prestasi yang lebih baik.

2. Asian Games

Di tingkat Asia, nama Liliyana Natsir juga mendulang prestasi. Tepatnya pada tahun 2014, dirinya memperoleh medali perak pada kategori ganda campurna bersama Tantowi di ajang Asian Games. Hasil kompetisi empat tahunan yang saat itu digelar di Incheon, Korea Selatan ini memberikan motivasi tinggi bagi Liliyana untuk semakin giat berlatih menghadapi Olimpiade Rio 2016.

Sebelum pensiun, Liliyana Natsir masih memberikan prestasi dalam ajang Asian Games 2018. Dua medali perunggu dari kategori ganda campuran dan beregu puteri menjadi persembahan terakhirnya di hadapan publik sendiri.

3. Olimpiade

Pada ajang olahraga terbesar se-dunia, Liliyana Natsir pun menjadi kebanggaan Indonesia. Faktanya, Liliyana termasuk dalam deretan atlet badminton Indonesia tersukses Olimpiade dengan menyumbangkan dua medali.

Dengan meraih medali perak pada tahun 2008 di Beijing, rupanya ia masih belum menyerah untuk memberikan prestasi yang lebih baik lagi. Buktinya, ia dan Owi-julukan Tantowi yang pernah menempati posisi ranking 1 dunia berhasil meraih emas pada Olimpiade Rio 2016. Menariknya, pengalungan medali Olimpiade bersamaan dengan hari kemerdekaan Indonesia sehingga Liliyana disambut bak pahlawan dengan antusias oleh seluruh masyarakat.

 4. Turnamen Kejuaraan Dunia BWF

Dalam menjalani karir seorang pebulu tangkis ranking atas yang wajib mengikuti berbagai kejuaraan dunia, Liliyana tidak hanya pulang membawa tangan hampa. Sebanyak 4 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu sudah berhasil diraihnya. Hingga saat ini, namanya masih tercatat dalam deretan pemain tersukses Puncak Kejuaraan Dunia BWF dengan rekor lebih dari tiga medali.

5. Turnamen Beregu

Pada berbagai turnamen beregu seperti Uber Cup dan Sudirman Cup, Liliyana Natsir pun ikut menjadi bagian dalam perolehan medali. Meskipun belum pernah meraih medali emas, Liliyana tercatat sudah berkontribusi dalam memberikan 6 medali dengan rincian 2 medali perak dan 4 medali perunggu.

Untuk Uber Cup, ia memperoleh 1 medali perak di tahun 2008 dan 1 medali perunggu pada tahun 2010. Sementara pada Sudirman Cup, medali perak diraihnya pada tahun 2007 dan 3 medali perunggu pada tahun 2009, 2011, dan 2015.

6. BWF Superseries

Sejak tahun 2007, Liliyana sudah akrab dengan turnamen superseri BWF pada sektor ganda campuran. Selain sukses dipasangkan dengan Ahmad Tantowi, rupanya Liliyana juga meraih banyak prestasi bersama partner pendahulunya yaitu Nova Widianto. Hampir semua jenis turnamen BWF sudah pernah dimenanginya seperti China Open, Indonesia Open, French Open, Malaysia Open, Singapore Open, hingga turnamen akbar All England.

Meskipun sudah berencana pensiun sejak 2019, nama Liliyana Natsir akan selalu dikenang bagi pecinta bulu tangkis Indonesia. Semoga nantinya akan ada Liliyana lain yang termotivasi dan memberikan prestasi lebih baik khususnya dalam dunia olahraga badminton. Akankah kamu salah satunya? Tetap semangat, ya!