Pengurus PT Pupuk Indonesia Akan Dirombak Oleh Erick Thohir

24

Jakarta, 22 Februari 2020 – Budi Gunadi Sadikin selaku Wakil Menteri BUMN menyampaikan bahwa manajemen PT Pupuk Indonesia (Persero) akan dirombak oleh Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara. Perombakan yang dilakukan oleh pemerintah ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dari BUMN, sehingga tidak didasarkan kepentingan pribadi.

Wakil Menteri BUMN menyebutkan bahwa perombakan ini dilakukan karena pengurus yang sekarang ini sudah habis masa jabatannya. Tetapi manajemen ini belum tidak disebutkan secara rinci oleh Budi. Namun beliau menyebutkan, kepengurusan Pupuk Indonesia saat ini banyak yang jatuh tempo.

Bahkan beberapa komisaris dan direksi akan habis masa jabatannya habis pada bulan Maret dan April mendatang. Kementerian BUMN yang saat ini sebagai pemegang saham sudah sewajarnya mencari komisaris dan direksi pengganti agar semua kegiatan bisa berjalan lancar.

Berkaitan dengan hal ini, Erick Thohir juga menegaskan bahwa calon komisaris ataupun calon direksi nantinya dipilih sesuai indikator kinerja utama. Jadi, pergantian ataupun pemilihan direksi dan komisaris nantinya tidak didasarkan pada hal-hal yang bersifat pribadi. Namun dilakukan secara profesional.

Pemilihan berdasarkan kemampuan ataupun kinerja yang dimiliki, bukan karena orang tersebut dekat dengan menteri dan bukan karena ada orang dalam. Sebab zaman saat ini jika dilakukan pemilihan berdasarkan personal, tentunya tak sejalan dengan visi, misi serta target yang diinginkan.

Pemilihan berdasarkan kualitas dan kemmapuan dari orang-orang dalam menjalankan tugasnya di BUMN. Pada intinya kemampuan mereka dalam bekerja dan memberikan kontribusi untuk BUMN adalah indikator yang digunakan dalam pemilihan.

Erick Thohir Minggu lalu, selesai melakukan perombakan pada jajaran komisaris dan direksi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Erick memilih Agus Martowardojo  yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia sebagai Komisaris Utama BNI. Sedangkan Direktur Utama dipilih Herry Sidharta.

Berikut urutan para direksi dan komisaris yang menjabat di PT Pupuk Indonesia.

Bagian Komisaris:

Bungaran Saragih sebagai Komisaris Utama.

Widharma Raya Dipodiputro sebagai Komisaris.

Sukriansyah S. Latief, Anwar Sanusi, Anhar, Otok Kuswandaru dan Farah Ratnadewi Indriani sebagai Komisaris.

Bagian Direktur:

Aas Asikin Idat sebagai direktur utama.

Imam Apriyanto Putro sebagai wakil direktur utama.

Indarto Pamoengkas sebagai direktur keuangan.

Achmad Tossin Sutawikara sebagai direktur pemasaran.

Gusrizal sebagai direktur investasi.

Direktur SDM dan tata kelola dipegang oleh Winardi Sunoto.

  1. Djohan Safri sebagai direktur teknologi.

Nugroho Christijanto sebagai direktur transformasi bisnis.

Kesimpulannya, Menteri BUMN merombak para direksi dan komisaris dari PT Pupuk Indonesia karena masa jabatannya telah habis. Pemilihan untuk direksi dan komisaris pengganti dilakukan sesuai kinerja, bukan secara personal. Bukan karena ada hubungan khusus dengan pihak kementerian atau hal personal lainnya.