Pengawasan Pelabuhan dan Bandara Riau Diperketat untuk Antisipasi Cacar Monyet

39
cacar-monyet

Baru-baru ini dunia mulai dihebohkan dengan masalah di bidang kesehatan yaitu tentang penyebaran penyakit cacar monyet. Penyakit ini diketahui selain memberikan dampak yang serius bagi kesehatan, juga bisa menular kepada orang yang berada di sekitar penderita penyakit ini.

Cacar monyet pertama kali ditemukan kembali di Singapura dengan penderita pria asal Nigeria yang saat ini masih berada di rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan.

Di lansir dari (detik.com 12/05/19) penyakit ini sebenarnya sudah di berantas pada tahun 1980 dan baru ditemukan kembali akhir-akhir ini di Singapura, bahkan saat ini Kementrian Kesehatan Singapura tengah melakukan penyelidikan guna penanganan yang lebih ekstra akan penyebaran cacar monyet.

Yang membuat hebohnya lagi penyakit ini di ketahui bahkan bisa berakibat kematian pada fase tertentu. Tentu saja hal ini membuat sejumlah pemerintah Negara saat ini tengah was-was dan melakukan berbagai macam antisipasi.

Meskipun penyakit ini tidak bisa dengan mudahnya menular dari manusia ke manusia lain. Namun pemerintah Singapura tetap menghimbau antisipasi terhadap semua negara, terutama negara-negara yang bertetangga dengan Singapura.

Di Indonesia sendiri, saat ini Riau menjadi daerah yang diketahui paling rentan terserang penyakit ini, karena banyaknya saat ini masyarakat Riau yang pergi hilir mudik melalui jalur Batam. Kebanyakan dari masyarakat tersebut adalah para pembisnis, perantau, bahkan ada pelajar atau beberapa orang yang menetap di sana karena keperluan tertentu.

Namun nampaknya hal ini mendapatkan respon cepat dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Saat ini pelabuhan serta bandara-bandara di Riau meningkatkan keamanannya, bahkan saat ini Dinas Kesehatan Provinsi Riau bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru guna mengantisipasi penyakit ini.

Sejauh ini belum ada orang yang di ketahui memiliki gejala atau terkena penyakit ini. Namun kita tetap diwajibkan waspada dan mengenali ciri-cirinya, dan akan lebih baik lagi jika kita menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh kita.

Kita perlu sedikit ekstra karena kedatangan dari Singapura tentu saja tidak hanya berlaku di Riau, atau mungkin saat ini sedang dalam proses guna penanganan pada bandara-bandara khususnya untuk kedatangan Internasional.