Pementasan Binome Sebagai Sarana Belajar Sains Melalui Teater

14
Penampilan Kelompok Teater Les Sens Des Mots Dalam Binome

Belajar sains ternyata bisa dilakukan dengan bermacam cara. Salah satunya lewat pementasan Teater. Itulah yang tergambar dalam “Binome“ yang dipentaskan oleh Kelompok Teater Les sens Des Mots di Science Teater, Taman Pintar Selasa, (5/11/2019). Pementasan yang digelar atas kerjasama Taman Pintar Yogyakarta dengan Institute France Indonesia (IFI) tersebut menyampaikan pesan bahwa sains itu ternyata dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Kepala Taman Pintar Yogyakarta, Afi Rosdiana mengungkapkan bahwa Taman Pintar tertarik untuk menggelar Pementasan “Binome“ karena pementasan ini bukan Pementasan Teater biasa. Sebab, scenario dan alur cerita dibuat berdasarkan hasil karya penelitian. Karena itu, dengan pementasan ini penonton dapat memahami sains secara lebih gampang.

Binome Memahami Konsep Sains Melalui Teater

“Karena teater menggambarkannya secara mudah, maka penonton juga menjadi lebih mudah memahami konsep-konsep sains yang barangkali sebelumnya dianggap rumit. “ujar Afi kepada wartawan usai pementasan.

Ditambahkan Afi, pementasan Binome ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Taman Pintar. Meski demikian respon dari pelajar dan mahasiswa yang menyaksikan pertunjukan ini ternyata sangat besar. Meskipun, penuturan dialog pertunjukan ini hampir seluruhnya menggunakan bahasa inggris, namun ternyata sebagian besar penonton dapat mengikutinya.

Pihaknya berharap, nantinya ada kelompok-kelompok teater local khususnya kelompok teater dari Yogyakarta yang mampu membuat pertunjukan serupa sehingga audience yang dapat diraih bisa lebih besar.

Binome merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Perancis yang berarti pasangan. Istilah ini merujuk pada bentuk pertunjukan ini yang menggabungkan antara pertunjukan teater dengan film dokumenter. Pertunjukan dibagi dalam dua babak yaitu sesi pagi untuk pelajar SMP dan SD sedangkan untuk sesi siang diperuntukkan bagi pelajar SMA dan Mahasiswa.

Pertunjukan yang digelar di Taman Pintar merupakan pementasan yang telah kesekian kalinya setelah pertunjukan ini diperkenalkan ke berbagai negara sejak tahun 2012. Tujuannya adalah memberikan pembelajaran kepada publik secara non akademis tentang berbagai persoalan yang mereka hadapi sehari-hari.