Pembersihan Diri : Makna Hari Raya Purnama Bagi Umat Hindu

31

Bagi umat Hindu, bulan purnama merupakan salah satu hari raya dan tidak jarang biasanya dilakukan sebuah upacara. Namun upacara yang dilakukan buka asal saja, melainkan sudah termasuk dalam adat atau ajaran dalam agama tersebut.

Purnama biasanya jatuh pada waktu 30 hari atau 29 hari sekali. Pada waktu tersebut seluruh pura yang ada di Bali akan terlihat ramai. Terutama untuk melakukan acara persembahyangan. Hari perayaan tersebut merupakan penyucian Sang Hyang Rwa Bhineda yakni Sang Hyang Surya serta Sang Hyang Candra.

Selain dilakukan upacara tertentu, purnama juga memiliki arti dalam ajaran umat Hindu. Makna yang dimaksudkan akan dibahas pada artikel ini. Mari anda baca artikel ini sampai selesai bila memang ingin mengetahui makna dari purnama dalam ajaran umat Hindu.

Makna hari raya purnama menurut ajaran umat Hindu

Hari raya purnama memiliki makna untuk memohon suatu berkah serta karunia dari Ida Sang Hyang Widhi, biasa disebut juga sebagai Tuhan Yang Maha Esa. Terutama yang sudah menerangi dunia serta semua isinya.

Dari perayaan tersebut juga dengan tujuan mendapatkan kebersihan lahir batin, serta bertujuan juga untuk membersihkan diri dari perbuatan jahat sehingga nantinya bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi ke depannya.

Ketika sedang terjadi bulan purnama secara penuh, ajaran agama Hindu mengatakan hal tersebut Widyadari turun yakni dengan tujuan untuk menyucikan seluruh alam semesta.

Dalam kebersihan diri yang terjadi dalam kehidupan nantinya akan mencapai keselarasan, entah itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. termasuk juga untuk lingkungan terhadap sang pencipta yakni Tuhan (Ida Sanh Hyang Widhi).

Dari diri seorang yang sudah bersih tersebut nantinya akan mendapatkan pikiran yang bersih juga. Melalui hal tersebut maka kehidupan akan bermakna, yakni di mata manusia maupun di hadapan pencipta Tuhan.

Tujuan dari hari suci purnama dalam ajaran agama Hindu

Dalam ajaran agama Hindu, kelahiran yang ada di dunia tidaklah terlepas akan pengaruh karma dari masa lalu. Sisa dari karma terdahulu sering dikenal dengan istilah karma Wasana. Hari raya purnama juga bermakna sebagai pembersihan diri secara lahir batin.

Ketika bersembahyang, maka sama saja untuk melakukan puja bhakti di hadapan Hyang Widhi, dengan tujuan memohon anugerah-Nya. Kemudian biasanya sering dilakukan pembersihan diri menggunakan air bersih. Dari pandangan agama Hindu air merupakan sebuah pembersihan yang sangat penting, terutama dalam kehidupan manusia. Dipercaya juga sebagai pembersih maupun peleburan dari kotoran yang ada dalam tubuh manusia.

Itulah makna yang ada dalam hari suci purnama menurut ajaran agama Hindu, secara khusus yang ada di Indonesia. Semoga dengan pembahasan ini bisa memberikan pemahaman pada anda, terlebih yang membaca artikel ini hingga selesai.