Pembalap Spanyol Berada Diatas Pembalap Italia

6

Kamis 16 Mei 2019, ada fakta menarik dari ajang MotoGP. Para pembalap Spanyol kembali menempati pemuncak klasemen ajang MotoGP. Hal ini tentu menjadi fenomena menarik yang perlu dicermati.

Hidup itu seperti roda, kadang diatas kadang dibawah. Demikian kiranya ungkapan yang tepat untuk menggambarkan serunya kontestasi dalam dunia balap MotoGP tahun ini. Para pembalap asal negeri Matador yang sekarang menikmati roda bagian atas. Namun perlu diingat bahwa dalam seri-seri awal, mereka merasakan pahitnya berada pada klasemen bawah.

Sementara para pembalap asal negeri Pizza sedang merasakan titik balik dari keunggulan yang mereka nikmati sejak awal musim bergulir. Kali ini mereka dibawah bayang-bayang kebangkitan pebalap-pembalap Spanyol. Nama-nama seperti Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, Daniel Putrruci dan lain-lain masih kalah tangguh dengan pebalap-pembalap Spanyol.

Seusai seri terakhir, Seri Jerez, Spanyol, komposisi pemuncak klasemen direbut oleh pembalap Spanyol. Di posisi pertama diraih oleh Marc Marquez yang mengemas 70 poin. Di posisi kedua ada Alex Rins yang meraih poin sebanyak 69 poin. Alex Rins unggul selisih 2 poin dari pesaing asal Italia terdekat, yakni Andrea Dovizioso yang mengantongi 67 poin.

Kebangkitan performa dari para pembalap Spanyol melanjutkan tradisi kutukan terhadap para pembalap Itali. Para pembalap Itali kehilangan dominasinya saat ajang balap MotoGP digelar di Spanyol. Bila pada seri-seri sebelumnya mereka sangat dominan dengan penampilan yang mengesankan, pada Seri Jerez para pembalap dari Italia kehilangan taringnya. Mereka tak mampu membendung kehebatan pebalap-pembalap asal Spanyol.

Pada seri Jerez, Spanyol kedigdayaan para pembalap Spanyol bergema kembali. Nama pertama yang menjadi sorotan ialah Marc Marquez. Salah satu pembalap terbaik di ajang MotoGP ini menyabet posisi pertama pertandingan. Hal ini menjadi titik balik penampilan Marquez yang kurang bagus dalam beberapa seri sebelumnya. Seperti biasa, Marquez benar-benar menunjukkan kemampuan terbaiknya hingga lap terakhir balapan.

Tentu saja ia tidak hanya mendongkrak posisinya di klasemen, tetapi juga mendongkrak perolehan poin tim yang dibelanya; Honda. Tim Honda yang sebelumnya terseook-seok dibawah dominasi Ducati dan Yamaha, kini bercokol diatas kedua tim lain tersebut.

Nama kedua pembalap asal Matador yang prestasinya melejit ialah Alex Rins. Ia tidak hanya mampu merebut posisi Valentino Rossi sebagai juara 2 klasemen sementara, tetapi juga mampu mengungguli Andrea Dovizioso yang sebelumnya peringkat teratas. Prestasi gemilang Rins ini menjadi kebanggan tersendiri bagi publik Spanyol. Tentu saja kegemilangan Alex Rins dapat menutup lubang kelemahan pebalap-pembalap lain asal Spanyol.

Sebut saja merosotnya prestasi Jorge Lorenzo yang sekarang hanya mampu menduduki peringkat 14 dengan hanya memperoleh 11 poin. Lorenzo sudah dikenal luas sebagai salah satu pembalap hebat Spanyol selain Marq Marquez. Namun melihat penampilannya pada musim balap MotoGP 2019 ini, semua orang akan terkejut. Bravo para pembalap Spanyol!

sumber: ketemulagi.net